Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

08 April 2017

Prosedur Dan Cara Memperbaiki Kerusakan ECU Atau ECM

Seminggu yang lalu ECM atau Engine Control Module truck Isuzu Giga rekan saya mati di Pamanukan. Saat itu langsung di storing sama dealer Isuzu Cirebon dan langsung diganti dan ECM lama di bawa oleh teknisi Isuzu. Kemudian teman saya menanyakan ECM lama yang mati dan saya balik tanya buat apa. Teman saya itu bilang mau diperbaiki dan menjelaskan prosedur dan cara memperbaiki ECM atau ECU yang rusak. Engine Control Module (ECM) berharga jutaan yang mati total ternyata bisa dibenerin hanya dengan biaya sepersepuluhnya saja. Seperti ECM Mitsubishi Galant punya temanku, mas Windu ini bisa normal lagi dengan mengganti IC Programnya. Kita beli IC program type sama kemudian kita pasang dan kita program ulang sesuai spek mesin seperti jumlah silinder, kapasitas silinder, daya kuda berapa, dan torsi mau ada di rentang RPM berapa. Orang IT yang siang malam ngubek-ubek software komputer pasti paham soal itu. Saya sertakan foto ECM Isuzu Giga dibawah ini.


Memperbaiki ECM atau ECU mobil sebenernya tidaklah sesulit yang dibayangkan, bahkan bisa dilakukan oleh orang yang hanya punya sedikit pengetahuan elektronika. Berikut ini adalah beberapa prosedur standar untuk memperbaiki ECU. Foto dibawah ini merupakan ECU dari Mitsubishi Galant milik teman saya.


1. Jika terjadi gejala kendaraan yang abnormal, lakukan identifikasi kerusakan dengan teliti, apakah kerusakan dibagian sensor, actuator, atau di rangkaian ECU. Jangan sampai ngotak-ngatik ECU, ternyata yang rusak sensornya.

2. Cari riwayat service kendaraan tersebut. Apakah pernah diservice ECU-nya dan hal ini akan membantu pelacakan kerusakan.

3. Amati dengan teliti. Jika telah yakin bahwa ECUnya yang rusak, maka bongkar saja ECUnya, amati dengan teliti, mungkin saja ada bau gosong.

4. Setelah proses itu, amati lagi apakah ada komponen yang rusak secara fisik, misalnya kaki komponen berkarat, atau bahkan patah. Solder ulang bagian yang retak.

5. Amati kemungkinan jalur PCB yang putus/retak.

6. Jika semua sudah tampak normal, maka selanjutnya lakukan pengecekan komponen (ini memerlukan ketrampilan khusus.

7. Jika komponen sulit dicari, cobalah untuk mencari persamaannya. (ini memerlukan tabel persamaan komponen)

8. Setelah proses tersebut telah dilaksanakan, tulislah dalam buku semua langkah dan riwayat penggantian komponen, hal ini akan bermanfaat ketika menjumpai kasus yang serupa. Nah itulah prosedur dan cara memperbaiki kerusakan pada ECU atau ECM.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Prosedur Dan Cara Memperbaiki Kerusakan ECU Atau ECM. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Assalmu alaikum pak mhon ijin ,,minta nmer WA NYA pak ,skedar mau sharing saja

Terima Kasih

Followers