Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

05 July 2016

Dengan Fitur Mimamori, Perilaku Pengemudi Isuzu Giga Terpantau Pemilik Truck

Salah satu keunggulan Isuzu Giga adalah ditanamkannya fitur Mimamori (Monitoring) System. Dengan Mimamori para pemilik truck bisa memantau para pengemudi mereka dalam mengemudikan truck. Mimamori System memantau segala aktifitas berkendara, tanpa bisa dimanipulasi. Dengan Mimamori System pemilik truck bisa tahu sebarapa dalam pengemudi menginjak pedal gas, waktu menginjak rem, penggunaan transmisi, kecepatan laju, hingga kosekuensi pada penggunaan bahan bakar. Mimamory System sendiri merupakan alat yang dikontrol sedemikian rupa lewat komputer dan mampu mengirimkan data melalui GPS dan GPRS berbasis GSM. Jadi mimamori ini merupakan nama sistem telematika dari Isuzu untuk yang sebenernya telah diluncurkan sejak tahun 2001 di Jepang. Sistem ini telah berkembang dari awalnya yang hanya untuk menyiapkan laporan eco-drive melalui pemantauan status, hingga sekarang bertambah fungsi untuk memantau bagaimana pedal gas saat akselerasi tertekan atau bagaimana gigi digeser oleh pengemudi.



Mimamori merupakan alat pengatur armada Isuzu yang mampu menginformasikan segala hal yang dilakukan oleh pengemudi di jalan dan akan ditransfer ke server Mimamori melalui jaringan selular dan dapat memonitor status mengemudi dengan PC pemilik truck.Untuk saat ini alat ini hanya bisa digunakan di mobil Isuzu yang sudah dilengkapi dengan ECM semacam Isuzu Giga. Kalau yang belum ada ECM belum bisa. Mimori sendiri di Indonesia baru diaplikasikan pada varian Isuzu Giga. Karena hanya Giga yang fiturnya sudah lengkap dan memiliki ECU (Electronic Control Unit).



4 Fungsi Mimori System 

Mimamori Fleet Management System ini memiliki empat fungsi utama yakni, keamanan berkendara, ekonomis, efisiensi operasional kendaraan dan keamanan mobil dari pencurian. Bagi perusahaan angkutan maupun ekspedisi, penggunaan Mimamori sangat membantu. Kerjasama antara driver dan operator perusahaan akan berjalan dengan baik. Mimamori ini berbeda dengan sistem GPS. Mimamori satu kesatuan dengan sistematika teknis kendaraan, dimana alat Mimaori terkoneksi dengan ECU (komputer mobil). Mimamori bisa mengetahui keadaan kendaraan, posisinya dimana, bagaimana konsumsi bahan bakarnya, bagaimana cara berkendara pengemudi, lalu berapa lama kendaraan bisa sampai ke tempat tujuan. 

Cara Kerja Mimamori System 

Alat berbasis GSM ini saat diaktifkan, maka alat tersebut  akan memberikan informasi akurat dan komfrehensif mulai dari kondisi kenderaan sampai dengan perilaku pengemudi dalam mengendarai mobil melalui tulisan/gambar pada display yang mirip head unit ini, sehingga sisitem ini bisa sebagai penegndali bagi para pebisnis dalam mengontrol pengendaranya.

Yang membedakan mimamori dengan GPS, ialah data yang dihasilkan mengenai kenderaan lebih detail atau lebih rinci, teknologi ini bukan saja memberikan informasi kendaraan secara real time, sistem ini juga bisa memberikan laporan apakah pengemudi itu mengendarai kendaraan dengan benar.

Selain itu, dengan kontrol yang baik menggunakan sitem Mimamori, kendaraan juga lebih hemat bahan bakar minyak (BBM), mesin tidak mudah rusak, bisa mengurangi biaya maintenance dan juga belanja suku cadang lebih hemat serta keamanan kendaraan pun terjaga.

Sistem ini pun berfungsi untuk safety pada saat pengemudi sedang mengenderai kendaraan diluar batas kecepatan maksimal atau terlalu kencang. Bila melakukan rem mendadak ataupun akselerasi mendadak, maka alat ini akan memberikan peringatan dengan mengeluarkan suara agar pengemudi harus mengurangi kecepatanya. Begitu juga ketika melakukan pengereman mendadak alat akan berteriak sebagai tanda pengemudi telah melakukan pengereman mendadak.

Cara kerjanya sangat praktis. Saat driver akan mengemudi, Mimamori mulai diaktifkan. Mimamori akan menginformasikan melalui tulisan/gambar pada display yang mirip head unit ini, bagaimana perilaku mengemudi si driver. Ketika driver mengemudi secara perlahan, tampil gambar daun pada display. Semakin banyak daun, berarti driver telah mengemudi dengan hemat BBM.

Mimamori juga mampu memberikan informasi jika kendaraan Isuzu tersebut mengalami kecelakaan atau kerusakan. Sistem Mimamori  segera memberikan informasi kepada pemilik untuk melakukan servis atau perawatan secara berkala.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Dengan Fitur Mimamori, Perilaku Pengemudi Isuzu Giga Terpantau Pemilik Truck. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers