Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

31 July 2016

Dari Mana Garam Di Air Laut Berasal?

Pembaca sekalian pernah ke pantai? Saya yakin pernah. Terkadang ketika berenang di pantai kita secara tidak sengaja meminum air laut dan kita merasakan rasa asin dari air laut. Pertanyaannya, mengapa air laut asin? Mungkin di pikiran kita, jawaban yang pertama kali terlintas adalah 'karena air laut mengandung garam'. Jawaban itu benar. Nah, pertanyaan selanjutnya, dari mana garam di air laut berasal?


Air Laut Asin Karena Hujan

Perlu diketahui bila garam tidak begitu saja muncul di laut, meskipun kita tahu perajin menambak garam dari laut. Menurut lembaga kelautan Amerika, NOAA, semua garam di laut ternyata berasal dari daratan. Semua garam itu bisa sampai ke laut berkat hujan.

Air hujan yang jatuh ke Bumi mengandung karbondioksida yang membuat air hujan sedikit asam. Ketika jatuh ke Bumi, air hujan yang sedikit asam ini mampu menghancurkan batuan dan melepaskan ion-ion dari batuan tadi.

Bersama dengan arus air hujan di sungai, ion-ion tadi akhirnya berakhir ke laut. Ion-ion tersebut berguna bagi penunjang kehidupan organisme laut.

Seiring dengan berjalannya waktu hingga jutaan tahun, konsentrasi ion-ion tadi semakin tinggi karena yang dibutuhkan organisme laut tidaklah banyak. Dan dua jenis ion yang paling banyak dibawa oleh air hujan ke laut adalah 'klorida' dan 'sodium'.

Setelah hujan selama jutaan tahun, baik klorida dan sodium jumlahnya meningkat hingga 90 persen dari seluruh ion di lautan. Ini yang penting, kedua ion tadi di lidah manusia terasa asin.

Berapa jumlah garam di laut?

Kandungan garam di laut dunia saat ini (salinitas) sekitar 35 ppt. Artinya, 3,5 persen dari total bobot air laut sejatinya adalah garam. Jika dikalkulasikan, jumlah garam di laut mencapai 120 juta ton.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Dari Mana Garam Di Air Laut Berasal?. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers