Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

30 July 2016

Begini Wujud Cacing Nematomorpha Atau Horsehair Worm Pada Perut Belalang

Pernahkah kalian mengamati belalang Sembah, Kedehe atau Cancorang saat berada di air? Suatu hari saya melihat belalang tersebut di kolam kecil sebuah taman. Dan yang aneh adalah ada sesuatu yang keluar dari pantat belalang tersebut. Penasaran ya saya tungguin sampai keluar. Begitu sudah keluar ternyata sejenis cacing yang panjangnya sekitar 30cm dan sekecil rambut. Wujudnya seperti foto dibawah ini.


Karena penasaran, akhirnya nyari referensi kesana kemari termasuk sowan ke eyang Google juga. Akhirnya ketemu jawaban kalau mahluk aneh tersebut namanya Nematomorpha atau Horsehair Worm atau cacing bulu kuda. Dan dia memang hidup di dalam perut serangga.

Cacing Pada Belalang Sembah

Belalang sembah ini dapat terinfeksi cacing yang membahayakan, cacing ini merupakan cacing parasit. Parasit yang kerapkali menginfeksi tubuh belalang ini disebut Nematomorpha, atau lebih dikenal sebagai cacing bulu kuda atau cacing Gordian. Parasit ini sering terlihat seperti sebuah simpul.

Secara umum, cacing bulu kuda ini akan menginfeksi belalang, namun bisa juga menginfeksi serangga lainnya seperti jangkrik, kecoa dan kumbang.

Hasil penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan Prancis (2005) menunjukkan, cacing parasit ini sanggup memanipulasi inangnya. Larva cacing masuk ke tubuh belalang melalui air yang diminumnya.

Ketika sudah berada di dalam tubuh belalang, larva cacing akan mengusai seluruh tubuh belalang, kecuali di bagian kepala dan kakinya. Pada kondisi tersebut, belalang sudah dalam keadaan seperti zombie, alias mayat hidup.


Selanjutnya larva tumbuh dewasa menjadi cacing, yang akan mengeluarkan protein secara langsung, kemudian bereaksi terhadap saraf belakang dari belalang. Akibatnya belalang seperti “terhipnotis” untuk mencari air lalu menceburkan diri.Simak videonya.....


Saat berada di dalam air itulah, cacing akan keluar dari tubuhnya. Panjang cacing ini bahkan bisa mencapai konon bisa 50 – 100 cm, tapi yang aku lihat sih cuma sekitar 30 cm. Setelah cacing keluar, si belalang akan mati tenggelam.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Begini Wujud Cacing Nematomorpha Atau Horsehair Worm Pada Perut Belalang. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers