Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

04 July 2016

Zona Irit BBM Truck Isuzu Giga FVM 285ps Dan Truck UD Quester

Isuzu GIGA FVM 285PS telah menggunakan teknologi Heavy Duty Common Rail, yaitu system pengisian bahan bakar yang terdiri dari supply pump, common rail, dan injector. Dilengkapi pula dengan Engine Control Module (ECM) yang bertugas mengontol kuantitas dan waktu injeksi yang tepat sesuai kondisi pengendaraan, Isuzu GIGA FVM mampu memberikan tenaga yang besar namun tetap hemat bahan bakar serta menghasilkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Namun bagaimanapun juga skill dan sikil para pengemudi tetap menjadi faktor utama. Boros atau tidak tergantung dari sikil bermain di rpm hijau. Kalau sering menggunakan gigi low pasti boros bahan bakar karena RPM langsung naik ke area merah. Seperti dalam foto dibawah, saya contohkan panel speedo meter Isuzu Giga yang dikemudikan om Dhidhi WP bermuatan 30 ton dengan kecepatan 50km/h pada 1400 RPM dan menggunakan top gear. Dan dalam hal ini menggunakan gigi 8 karena Isuzu Giga FVM 285ps memiliki 8 speed maju. 



Dan berikut foto truck Isuzu Giga FVM 285ps yang dibawa om Dhidhi WP saat parkir di area Kusuma Agrowisata, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. 



Pada dasarnya untuk menggapai zona irit bahan bakar pada truck Isuzu Giga ini kita harus membuat kecepatan laju ideal. Waktu pelepasan transmisi juga tepat dengan putaran mesin di bawah 1.200 rpm dan sering menggunakan gear paling tinggi. Kedalaman menginjak pedal gas dikatagorikan ideal jika tidak terlalu dalam dan berada pada zona hijau dan sering melepas pedal gas ketika truck sudah meluncur di kecepatan ideal. Jika mampu memainkan putaran mesin serta memanfaatkan rem dalam jarak penghentian yang tepat maka konsumsi bahan bakar akan jauh lebih irit. Pada intinya banter bukan berarti boros bahan bakar selama rpm berada di area hijau dan pelan bukan berarti irit bahan bakar apabila rpm berada di garis merah dan putaran mesin berteriak lantang. Simak Video Om Dhidhi WP mengendarai truck Isuzu Giga FVM 285ps.


Nah itulah cara sederhana agar truck Isuzu Giga FVM 285ps irit bahan bakar. Nyupir truck itu mah gampang. Tapi kalau sudah berbicara uang sangu dan berdampak pada hasil yang dibawa pulang kalau gak pintar pintar skill dan sikil ya sama saja bohong, pulang sia-sia gak bawa uang. 

Cara bawa truck UD Quester Irit Bahan Bakar

UD Quester adalah brand yang sebelumnya dikenal dengan nama Nissan Diesel. Truck UD Quester ini memiliki keunggulan utama pada konsumsi BBM. UD Quester memiliki Fitur Fuel Coach atau semacam fitur ECO yang merupakan komputerisasi pada pemantauan penggunaan bahan bakar. Pengemudi bisa diperingatkan jika mengemudikan mobil dengan tidak efisien, selain itu truk ini bisa mengenali gaya mengemudi dari driver sehingga sistem komputer bisa memperkirakan berapa kilometer jarak tempuh mobil dengan menghitung sisa BBM yang ada dalam tangki.


Fitur ini bisa memberikan pesan pada pengemudi jika RPM terlalu tinggi untuk segera memindahkan gigi, menyarankan putaran mesin yang paling efisien pada pengemudi. Penghematan yang bisa dilakukan dengan fitur fuel coach ini bisa menghemat sampai 30% bahan bakar truck UD Quester.


Menurut penjelasan rekan saya, om Indie Pradinata yang juga merupakan salah satu pengemudi truck UD Quester Klo di UD Quester pada gigi 7/8 rpm di area hijau pada kecepatan 50 km/h di dashdosrd ada gambar dua jempol. Kalau kecepatan lebih dari 50km/h cuma dapat 1 jempol, dan kalau kecepatan lebih dari 60km/h malah terdapat tanda X. Dan saat rpm melebihi area hijau ada tanda panah turun sedangkan jika rpm kurang dari area hijau ada tanda panah naik. 

Artinya, dua jempol merupakan zona ter-irit dari UD Quester ini dan kecepatan lebih dari 60km/h not recomended dan melebihi garis hijau dihimbau turunin RPM dan kurang dari garis hijau dihimbau unttuk menaikkan RPM ke zona hijau, zona efisien dan hemat bahan bakar. 

Nah itulah catatan mengenai cara mengemudikan truck dengan irit BBM, semoga bisa menambah wawasan mengenai dunia truck dan bermanfaat buat rekan-rekan pembaca semua.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Zona Irit BBM Truck Isuzu Giga FVM 285ps Dan Truck UD Quester. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers