Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

05 July 2016

UD Quester, Truk Heavy Duty Sejati Irit Bahan Bakar Aman Dan Nyaman

UD Trucks atau sebelumnya dikenal dengan nama Nissan Diesel didirikan oleh Kenzo Adachi, yang yakin bahwa truk itu harus aman, awet, hemat bahan bakar serta menawarkan waktu operasional yang tinggi dan kapasitas angkut yang besar. Selama 80 tahun terakhir, UD Trucks telah menyediakan produk-produk yang memenuhi kriteria tersebut, sekaligus mengurangi total biaya yang dikeluarkan pelanggan. UD Trucks telah hadir di Indonesia melayani pelanggan dengan berbagai produk dan servis selama lebih dari 30 tahun dan hari ini mempertegas komitmen kuatnya serta fokus untuk menjadi mitra bisnis yang andal bagi pelanggan.  UD Trucks, perusahaan Jepang yang diakuisisi Volvo Group, meluncurkan Quester, segmen truk berat (heavy duty truck) untuk sektor pertambangan dan konstruksi dengan mengutamakan keselamatan pengemudi. Quester merupakan truk pertama UD Trucks diproduksi di luar Jepang, dan spesifikasinya disesuaikan dengan kebutuhan negara-negara di Asia.

UD Quester Yang Dikemudikan Om Indie Pradinata
Quester tersedia dua seri yakni 6x4 Rigid dan 6x4 Tractor  dirilis secara global di Thailand pada Agustus 2012. Basis produksi berada di Bangkok dan diimpor utuh (CBU) ke Indonesia dan Malaysia. Sementara penjualan dan distribusi untuk kota-kota di Indonesia ditangani PT Astra Multi Trucks Indonesia (AMT Indonesia) dan United Tractors. Dari tiga truk produksi Volvo Group, yakni Volvo, UD dan Renault,  UD Trucks mendominasi penjualan tertinggi untuk pasar Indonesia.




Dalam catatan sejarah, UD Trucks berdiri pada 1950 dengan nama Nihon Diesel Industries Ltd. Kemudian berganti nama menjadi Nissan Diesel pada 1960. Volvo Group, perusahaan asal Swedia mengakuisisi 100% saham Nissan Diesel pada 2007 dan mengubah nama menjadi UD (Ultimate Dependability) Trucks di 2010. Saat ini, perusahaan ini dipimpin Sakaue Yusuke. 

Truck UD Quester  Irit Bahan Bakar

Berbeda dengan mobil atau sepeda motor, biasanya yang diutamakan dari kendaraan-kendaraan tersebut adalah kecepatan dan kecepatan. Tapi untuk sebuah truk, yang diutamakan bukanlah kecepatan, namun seberapa besar tenaga truk dan seberapa efisien konsumsi bahan bakar untuk mengurangi pengeluaran biaya logistik. Nah Truk Volvo Quester atau yang dikenal dengan UD Quester memiliki teknologi yang membuat konsumsi bahan bakar truk lebih hemat 30% dibandingkan dengan truk biasa. Sebelumnya kita tahu bahwa UD Truck adalah milik Nissan Diesel dan kemudian menjadi bagian dari Volvo sejak tahun 2007 lalu. Simak Video UD Truck, Truck Heavy Duty Sejati 



Truk Volvo Quester dilengkapi dengan real-time Fuel Coach yang membantu pengemudi mendapatkan gaya mengemudi se-efisien mungkin. Dengan bantuan sebuah komputer yang terletak pada MID ditengah speedometer dan odometer, ia akan menampilkan informasi-informasi yang sesuai dengan kondisi medan jalan, sehingga untuk melakukan akselerasi, menanjak dan posisi jalan menurun, real-time Fuel Coach akan memberikan bantuan indikator kapan pengemudi harus menginjak gas, melakukan engine brake dan melakukan pengereman serta kapan pergantian gigi sebaiknya dilakukan. Setelah pengemudi mengikuti aturan yang ada, real-time Fuel Coach akan memberikan nilai seberapa efisien pengemudi mengendarai truk dan truk akan memberikan analisis lengkap beserta laporannya kepada pengelola kendaraan dengan cara mendownload langsung. Canggih kan?

Quester adalah truk berat modern pertama yang mempunyai fitur fuel efficiency kelas satu. Yang menarik dari fitur hemat energi ini adalah quester tidak hanya melakukan efisiensi pada mesin tetapi juga kepada pengemudi ttruck. UD Quester memiliki Fitur Fuel Coach atau semacam fitur ECU yang merupakan komputerisasi pada pemantauan penggunaan bahan bakar. Pengemudi bisa diperingatkan jika mengemudikan mobil dengan tidak efisien, selain itu truk ini bisa mengenali gaya mengemudi dari driver sehingga sistem komputer bisa memperkirakan berapa kilometer jarak tempuh mobil dengan menghitung sisa BBM yang ada dalam tangki. Fitur ini bisa memberikan pesan pada pengemudi jika RPM terlalu tinggi untuk segera memindahkan gigi, menyarankan putaran mesin yang paling efisien pada pengemudi. Penghematan yang bisa dilakukan dengan fitur fuel coach ini bisa menghemat sampai 30% bahan bakar truck UD Quester.


Menurut penjelasan rekan saya, om Indie Pradinata yang juga merupakan salah satu pengemudi truck UD Quester. Om Indie menjelaskan Kalau di UD Quester pada gigi 7/8 rpm di area hijau pada kecepatan 50 km/h di dashdosrd ada gambar dua jempol. Kalau kecepatan lebih dari 50km/h cuma dapat 1 jempol, dan kalau kecepatan lebih dari 60km/h malah terdapat tanda X. Dan saat rpm melebihi area hijau ada tanda panah turun sedangkan jika rpm kurang dari area hijau ada tanda panah naik. 

Artinya, dua jempol merupakan zona ter-irit dari UD Quester ini dan kecepatan lebih dari 60km/h not recomended dan melebihi garis hijau dihimbau turunin RPM dan kurang dari garis hijau dihimbau unttuk menaikkan RPM ke zona hijau, zona efisien dan hemat bahan bakar. 

Bagaimana kondisi ini bisa terjadi? Pada kendaraan canggih ini seperti telah dijelaskan diatas telah dibenamkan fitur yang bernama real-time Fuel Coach. Fitur ini akan memberikan anda driving tips secara real time yang akan tampil di layar dashboard anda. Layar akan menampilkan saat-saat kapan anda harus menginjak kopling, berpindah gigi perseneling, menginjak gas atau menginjak rem. Jika anda telah mengemudi dengan benar, layar akan menampilkan gambar dua jempol yang artinya anda telah mengemudi dengan sempurna dan bisa mengirit bahan bakar sampai pada nilai 30%. Selain itu Quester juga telah menyiapkan Log Data yang akan menyimpan segala detail perjalanan anda. Mulai dari jarak perjalanan, konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan dan lama mesin bekerja pada kondisi terbaik. Data log ini bisa anda download dan bisa anda gunakan untuk membuat analysis perjalanan yang lebih baik dimasa mendatang.

Mesin UD Quester Bertenaga

UD Quester dibekali dengan mesin terbaik dengan standar kualitas jepang dengan 2 pilihan mesin, 8 liter dan 11 liter. Dua-duanya memiliki tingkat efisiensi yang sama. Alternatif dua mesin yang didesain dengan efisiensi bahan bakar yang sudah terbukti dan kinerja unggul untuk tugas menengah hingga tugas berat.

Mesin 8 liter

GH8E dibuat berdasarkan mesin GH7 UD Truck, yang telah memiliki reputasi baik dalam hal kinerja dan konsumsi bahan bakarnya. GH8E menawarkan kinerja sempurna dan ideal untuk pekerjaan distribusi dan konstruksi.
  • Mesin diesel 8 liter
  • Biaya operasi rendah berkat perawatan yang lebih sedikit dan interval servis yang panjang
  • Turbocharging dengan air-to-air intercooler
  • Tenaga/torsi: 220 hp / 850 Nm, 250 hp / 950 Nm, 280 hp / 1.050 Nm, 330 hp / 1.200 Nm

Mesin 11 liter

GH11E dikembangkan untuk menyediakan kinerja yang setinggi-tingginya dalam operasi aktual. Mesin ini didasarkan pada teknologi Volvo Group yang canggih dalam kombinasi dengan kualitas produksi UD Truck. Konsumsi bahan bakar yang rendah dicapai berkat rentang putaran yang lebar dengan efisiensi termal tinggi.
  • Efisien bahan bakar dengan kemudahan pengemudian
  • Torsi bagus pada putaran rendah yang menghasilkan respons cepat pada akselerasi
  • Torsi maksimum dalam rentang putaran yang lebar
  • UD Extra Engine Brake (UD EEB) opsional untuk pengereman lebih kuat
  • Kipas pendingin berpengontrol elekntronik akan mengurangi kerugian
  • Turbocharging dengan air-to-air intercooler
  • Power take-off berpenggerak mesin dengan output torsi tinggi maksimum 1.000 Nm
  • Kebisingan dan getaran yang rendah saat diam
  • Tenaga/torsi: 420 hp / 2.000 Nm, 390 hp / 1.800 Nm 370 hp / 1.700 Nm

Transmisi UD Quester

Transmisi UD Quester sudah terbukti tangguh untuk mampu bertahan dalam kondisi berat. Untuk mesin 11 liter, Anda memiliki pilihan 9 atau 12 percepatan. Untuk mesin 8 liter Anda memiliki pilihan 6 atau 9 percepatan.

UD Extra Engine Brake

UD Extra Engine Brake (UD EEB) adalah rem mesin bertenaga besar yang merupakan fitur opsional pada mesin 11 liter. UD EEB merupakan sarana untuk memanfaatkan mesin sebagai perangkat pengereman tambahan. Ini dilakukan dengan memberikan tekanan balik pada silinder di dalam mesin, menggunakan tekanan buang dan sistem katup cerdas yang dipatenkan. Sistem ini tidak menghasilkan panas atau keausan dan kerusakan ekstra pada peralatan. UD Extra Engine Brake (EEB) yang bekerja lebih baik 30% dari truk UD seri sebelumnya. Sistem ini menggunakan mesin sebagai perangkat pengereman tambahan, yang bisa meningkatkan keselamatan meski berkendara dengan kecepatan tinggi, terutama di lanskap perbukitan.

Powertrain untuk jarak jauh

Jantung setiap Quester adalah powertrain kami yang terintegrasi secara optimal karena didesain secara khusus dan dibuat untuk bekerja bersamaan. Powertrain ini menggabungkan efisiensi dan ketahanan mesin Quester dengan pilihan komponen drivetrain kelas satu yang sudah terbukti secara global. Driveline Quester diseimbangkan secara cermat untuk mengoptimalkan kinerja di bawah kondisi yang beragam. Driveline ini memberikan ekonomi bahan bakar yang sempurna pada kecepatan jelajah karena adanya kemungkinan untuk mencocokkan driveline dengan rasio gardan belakang yang tepat. 



Rumah gardannya dibuat dari baja pabrikasi untuk menangani beban berat dengan mudah – pilihan yang luwes untuk sebagian besar aplikasi tugas berat. Tersedia juga gardan reduksi-hub apabila diperlukan. 

Chassis Truck UD Quester 

UD Quester memiliki material pembentuk sasis dari baja yang kuat dan memiliki fleksibilitas, dengan fleksibelnya sasis tentunya akan berpengaruh pada kemampuan membawa beban ketika melewati medan-medan yang sulit dijangkau truck heavy duty yang lain misalnya medan berbukit-bukit, jalan yang tidak rata dan membawa muatan yang tidak terdistribusi rata pada seluruh sasis dan truck mudah dikendalikan. 

Chassis UD Quester dibuat tangguh dan mampu menghadapi pekerjaan berat. Bagian bilah samping dibuat dari baja rolling form yang kuat dan tahan lama dan tersedia dalam ketebalan 7,0 atau 8,0 mm. Rolling form adalah rangka fleksibel torsional dengan kekakuan seragam, bagus untuk menghadapi stres vertikal dan stres torsi ketika gerakan menggelinding (rolling) dan naik-turun (pitching) yang terjadi bersamaan. Ini akan mengurangi stres akibat permukaan jalan yang tidak rata, muatan dengan titik berat tinggi, dan beban yang tersebar tidak merata, sehingga membuatnya fleksibe untuk banyak kondisi medan berbeda.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai UD Quester, Truk Heavy Duty Sejati Irit Bahan Bakar Aman Dan Nyaman. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers