Pin It

24 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:06

Voice Chat, Clubhouse Besutan Telegram

Tren Clubhouse membuat Telegram meniru konsepnya. Baru-baru ini Telegram mengembangkan fitur Voice Chat 2.0 atau Obrolan Suara 2.0 dengan fungsi mirip Clubhouse. Voice Chat mendukung percakapan suara di kanal Telegram yang anggotanya bisa mencapai ribuan. "Tidak peduli seberapa populer pembicaraan itu, orang-orang baru akan bisa ikut mendengarkan. Ini seperti penemuan kembali radio publik di abad ke-21," tulis Telegram dalam blog resminya


Voice Chat, Clubhouse Besutan Telegram
Voice Chat 2.0 (dok. Telegram)

Voice Chat 2.0 ini sebenarnya pengembangan dari Voice Chat yang diluncurkan pada bulan Desember untuk memeriahkan suasana percakapan di grup Telegram. Nah, untuk Voice Chat 2.0 bisa dilakukan di channel, tanpa batas peserta. Pada pembaruan ini, Anda juga dapat merekam percakapan di Obrolan Suara untuk ditampilkan dan dibagikan nanti. Ditambah juga dengan daftar peserta yang sudah lebih baik, fitur angkat tangan, tautan undangan khusus bagi pembicara dan pendengar, judul obrolan suara dan tampilan khusus bagi tokoh terkenal untuk bergabung ke Obrolan Suara sebagai channel. Admin channel dan grup publik sekarang dapat mengadakan Obrolan Suara untuk jutaan pendengar langsung. Seperti layaknya radio, siapapun dapat mendengar siaran di channel Anda. 


Cara Melakukan Voice Chat atau Obrolan Suara di Telegram 


Untuk memulai Obrolan, buka profil grup atau channel di mana Anda menjadi admin, ketuk (⋮) atau (⋯) dan pilih Mulai Obrolan Suara. Beberapa percakapan memang dibuat sementara, namun bila ada obrolan seru yang patut dilestarikan, admin bisa menyimpan. Admin dapat merekam audio di Obrolan Suara untuk menyimpan percakapan dan membagikan ke pelanggan yang belum sempat mendengarkan percakapan secara langsung. Setelah Anda selesai merekam, audio akan langsung tersedia di Pesan Tersimpan. Obrolan yang sedang direkam akan ditandai dengan tanda titik merah tepat di sebelah judul obrolan.


Admin juga dapat membuat tautan undangan langsung untuk Obrolan Suara. Tautan juga dapat dibuat terpisah bagi pembicara dan pendengar. Dengan ini, Anda tidak perlu mengaktifkan pengeras suara ketika mereka bergabung. Lalu, tautan undangan lainnya dapat digunakan untuk mempromosikan obrolan suara ke berbagai komunitas. Anda juga dapat memasang judul khusus untuk Obrolan Suara agar peserta dapat mengetahui topik pembicaraan sebelum bergabung. Ketika masuk ke Obrolan Suara di channel, pendengar dapat bergabung dengan akun pribadi atau memilih tampilan channel sebagai alias. Tokoh penting dan terkenal dapat menggunakan cara ini untuk menghindari terlalu banyak perhatian pada akun pribadi mereka.  

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email