Pin It

15 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 04:17

Pentingnya SEO Untuk Bisnis Kita

Di era kemajuan teknologi informasi, kita dapat menemukan apapun melalui internet. Maka kita pun wajib meningkatkan SEO untuk pribadi kita dengan profil yang mencerminkan citra yang positif. Dalam memperdalam cara membangun citra positif itu, ada sebuah pedoman yang penting ditetapkan yaitu SEO atau Search Engine Optimization. Apa itu SEO? SEO adalah teknik mengoptimalkan halaman profil situs agar masuk laman satu di situs pencarian semisal Google, tujuannya adalah untuk menempatkan suatu website agar muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu. 

Pentingnya SEO Untuk Bisnis Kita
buku "Antologi Cerpen Cinta Terbenam di Universiteit Leiden"

SEO bisa kita terapkan dalam tingkat personal seperti profil media sosial milik kita, tidak hanya untuk website korporasi atau organisasi. Dengan SEO, orang bisa mengetahui hampir semua informasi berkaitan dengan seseorang, mulai dengan nama, pekerjaan hingga foto dan lainnya. Contohnya saya mencari nama teman saya ibu Titim Matun Nasriyah, nama Titim Matun Nasriyah akan muncul dalam laman di Google. Selain muncul video dan foto, muncul juga pekerjaan dan hasil karya beliau. Dari sini bisa kita lihat dalam urusan personal branding, ini penting, di pencarian Google akan muncul ibu Titim Matun Nasriyah adalah guru Bahasa Jawa SMP Negeri 1 Barat, Magetan. Beliau juga penulis buku "Antologi Cerpen Cinta Terbenam di Universiteit Leiden". Apa yang terjadi setelah saya menemukan buku tulisan beliau di penelusuran Google? Akhirnya saya pun membeli buku tersebut.


Dengan SEO, algoritma akan mengumpulkan lebih banyak data milik kita. Percaya atau tidak, algoritma tidak memiliki opini tentang konten yang kita buat. Algoritma berfokus pada konten yang kemungkinan disukai pengunjung berdasarkan sejumlah faktor seperti artikel yang mereka baca sebelumnya, konten yang disukai & tidak sukai, serta masukan yang mereka berikan. Jadi, daripada mencoba memuaskan algoritma, berkonsentrasilah pada pengunjung. Dengan begitu, algoritma akan mengikuti dan akan memberi rujukan menuju website atau profil milik kita.


Dari sini kita mengetahui SEO bukan hanya teknik yang penting untuk perusahaan, di level pribadi pun sangat penting. Apalagi mereka yang memiliki usaha berskala kecil, SEO bisa dimanfaatkan untuk memajukan usaha yang kita bangun. Karena SEO, sebuah toko kecil atau bahkan usaha rumahan bisa bersaing dengan usaha besar atau ecommerce macam Tokopedia, Bukalapak dll. Semua bisa bersaing dari segi problem solving-nya. Kalau mereka [ecommerce] hanya satu web experience untuk semua pengguna, toko kecil atau usaha rumahan ini bisa bersaing karena lebih fokus untuk pelanggan spesifik. Pengguna internet yang mengetikkan satu kata kunci di situs pencarian berarti memang membutuhkan segala macam informasi yang ingin ia ketahui. Jadi, besar kemungkinan bahwa pengunjung yang mengklik web atau profil media sosial adalah target market kita. Dengan kata lain, pengunjung yang tertarget ini adalah pengunjung yang siap beli. 


Itu dia beberapa manfaat SEO yang bisa kita dapatkan ketika kita sudah berani untuk memulai bisnis di ranah digital agar nantinya bisnis kiya bisa berkembang dengan pesat. Berbeda dengan teknik promosi biasa, SEO akan terus menerus bekerja selama 24 jam setiap harinya non-stop. Tidak seperti iklan yang penayangannya akan diberhentikan jika budget atau kontrak sudah habis.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers