Pin It

22 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 06:08

Menjelajah Planet Mars dengan Google Mars

Ingin menjelajah Mars secara virtual? Meskipun belum pernah ada manusia yang melakukan perjalanan wisata ke Planet Mars, kita bisa merasakan sensasi ke sana dengan Google Mars. Blog widodogroho.com sudah mencoba Google Mars untuk melihat permukaan Mars berdasarkan ketinggian, kondisi sebenarnya ataupun dengan tayangan infrared. Jadi, Google Mars ini semacam Google Map, tapi mengeksplor Planet Mars. Melalui Google Mars yang bisa diakses secara mobile maupun di komputer, kita bisa menjelajah seperti apa permukaan Planet Mars. 


Menjelajah Planet Mars dengan Google Mars
Google Mars

Bagaimana cara kita menjelajah Planet Mars menggunakan layanan milik Google? Caranya sangat mudah, kita tinggal akses Google Mars disini. Di Google Mars ini kita bisa memilih tampilan permukaan Mars berdasarkan ketinggian, kondisi sebenarnya ataupun dengan tayangan infrared. Menu eksplorasi pun cukup banyak. Pada bagian kiri atas, bisa dijelajahi bagian-bagian permukaan Mars secara spesifik. Dari rover yang pernah mendarat di sana, pegunungan, lembah, perbukitan, kawah sampai dataran. Tentunya semua citra gambar diperoleh dari lembaga antariksa, terutama NASA. Google Mars dilengkapi juga dengan peta tiga dimensi (3D mapping tool) yang memungkinkan kita untuk menjelajahi planet merah tersebut. 


Penerbangan Virtual ke Mars 


Menurut saya, yang menyenangkan adalah kita juga bisa melakukan penerbangan virtual dengan Mars Odyssey dan Mars Reconnaissance Orbiter, pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Amerika (NASA) dan mengikuti tour untuk menjelajah planet Mars. Tour tersebut juga dipandu oleh suara, seperti pemandu wisata. Kita juga dapat melihat gambar-gambar satelit yang diambil oleh kamera NASA yang bernama THEMIS. Kamera itu dipasang di pesawat ruang angkasa Mars Odyssey.


Pulau Devon, Mars di Bumi


Apabila Anda kurang puas dengan tampilan Google Mars, bisa pindah ke Google Earth. Di Google Earth memang bukan Mars yang sebenarnya, tapi Pulau Devon yang disebut sebagai Mars On Earth atau Mars di bumi, yaitu Pulau terpencil yang kondisinya mirip dengan Planet Mars. Pulau Devon merupakan pulau tak berpenghuni terbesar di Bumi yang terletak di Teluk Baffin, Region Qikiqtaaluk, Nunavut, Kanada. Pulau ini adalah salah satu anggota dari Kepulauan Arktik Kanada, terbesar kedua dari Kepulauan Ratu Elizabeth, pulau keenam terbesar di Kanada, dan pulau terbesar ke-27 di dunia. 


Menjelajah Planet Mars dengan Google Mars
Pulau devon (Google Earth)

Bagi para wisatawan, tak ada yang betul-betul menarik di Pulau Devon, Kepulauan Arktik, Kanada. Tanah kosong nan tandus ini didominasi oleh bebatuan yang hancur akibat suhu ekstrim, dan lanskapnya dihiasi hampir tanpa tanaman maupun hewan. Akan tetapi, lain persepsi bagi para ilmuwan dan peneliti, Pulau Devon adalah tempat yang sangat menarik. Bagi ilmu pengetahuan, kondisi gurun dan iklim yang keras di Pulau Devon sangat mirip dengan Mars. 


"Medan tandus Pulau Devon, suhu yang membeku, isolasi, dan keterpencilan, menawarkan sejumlah peluang penelitian yang unik bagi para ilmuwan dan personel NASA," seperti dijelaskan pada halaman informasi di situs resmi NASA. 


Satu hal yang menarik di Pulau Devon adalah adanya kawah Haughton yang berusia 23 juta tahun, yang menyerupai permukaan Planet Mars. Kawah Houghton memiliki struktur bentangan dengan lebar 20 kilometer. Asteroid menyebabkan kawah Houghton begitu kuat sehingga para peneliti memperkirakan butuh waktu sekitar 10 detik untuk digali ke kedalaman aslinya 1,6 kilometer (0,99 mil). 

Berikut video wisata virtual ke Mars menggunakan Google Mars.  

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email