Pin It

10 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 05:05

Peraturan Pajak Penghasilan Youtuber dari Pemerintah Amerika Serikat

Pagi ini saya mendapat email dari Google Adsense mengenai perubahan terhadap pajak penghasilan dari YouTube di masa yang akan datang. Google menghubungi kita karena Google akan diwajibkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memungut pajak Amerika Serikat atas pembayaran kepada kreator di luar Amerika Serikat mulai tahun ini (paling cepat Juni 2021). Inti dari email tersebut, kita harus mengirim informasi pajak di akun AdSense untuk menentukan dengan tepat besarnya potongan pajak, jika berlaku. Jika kita tidak memberikan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google dapat diwajibkan memotong hingga sebesar 24% dari total penghasilan kita dari seluruh dunia. 


Peraturan Pajak Penghasilan Youtuber dari Pemerintah Amerika Serikat
Pajak penghasilan youtuber

Apa yang harus kita lakukan?


Dalam email tersebut tertulis kita wajib mengirimkan informasi pajak di AdSense. Fitur pajak online di AdSense terdiri dari enam langkah dan akan terdapat serangkaian pertanyaan untuk memandu kita menyelesaikan proses tersebut guna menentukan apakah terdapat pajak Amerika Serikat yang berlaku. Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait perubahan ini dan daftar informasi pajak yang harus disiapkan, silahkan kunjungi Pusat Bantuan Adsense. 


Mengapa peraturan pajak Amerika diberlakukan buat kita?


Berdasarkan Chapter 3 dari U.S. Internal Revenue Code, Google bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pajak dari semua kreator di luar Amerika Serikat yang melakukan monetisasi dan, dalam keadaan tertentu, memungut pajak jika kreator tersebut memperoleh penghasilan dari penonton di Amerika Serikat. 


Untuk kreator di luar Amerika Serikat, Google akan mengubah Persyaratan Layanan dalam waktu dekat. Dalam versi baru tersebut, penghasilan kita dari YouTube akan dianggap sebagai royalti dari perspektif pajak Amerika Serikat. Hal ini dapat mempengaruhi perhitungan pajak atas penghasilan kita sebagaimana diwajibkan oleh hukum yang berlaku di Amerika Serikat, Google yang akan memungut pajak tersebut. 


Bagaimana pengaruhnya terhadap penghasilan kita?


Jika kita mengirimkan informasi pajak milik kita, pajak Amerika Serikat hanya dapat diberlakukan terhadap penghasilan Amerika Serikat bulanan kita dari AdSense (pendapatan yang diperoleh dari penonton di Amerika Serikat melalui tampilan iklan, YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers, dan Langganan Channel). Jika kita tidak mengirimkan informasi pajak, tarif pajak kita dapat ditetapkan ke tarif potongan pajak yang lebih tinggi untuk perorangan (24% dari total penghasilan AdSense yang diperoleh dari seluruh dunia). Untuk lebih jelasnya ikuti petunjuk dari Google Adsense. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email