Pin It

11 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 07:24

Pesawat Antonov AN124-100 Mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA)

Yogyakarta -  Rabu pagi, 10 Maret 2021, suasana di bandara Yogyakarta International Airport (YIA) terlihat berbeda. Tim pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Jogja (Bejo) telah tiba di YIA sejak pagi hari. Mereka siap untuk menyambut kedatangan pesawat Antonov AN124-100 buatan Ukraina. Kesuksesan melayani operasional pesawat terbesar kedua di dunia tersebut dinilai menunjukkan kualitas fasilitas sisi udara yaitu runway dan apron Bandara Internasional Yogyakarta yang memang terbaik. 

Pesawat Antonov AN124-100 Mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA)
Pesawat Antonov AN124-100 Mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA)

Pesawat Antonov AN124-100 terbang dari Bandara Sultan Ismail Johor Bahru Malaysia berhasil mendarat dengan mulus di YIA pada pukul 09.42 WIB, dan sukses lepas landas menuju Columbus Amerika Serikat pada pukul 16.55 WIB. Pesawat ini mengangkut 62 ton kargo berisi komoditas wire harness (kabel). Penerbangan ini menjadi penerbangan ekspor kargo yang pertama kali menggunakan pesawat Antonov. Pesawat Antonov 124-100 sendiri merupakan pesawat kargo berbadan besar terbesar kedua di dunia buatan Ukraina yang memiliki kapasitas muatan hingga 150 ton. 


Pesawat Antonov AN124-100 Mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA)
Penerbangan ini menjadi penerbangan ekspor kargo yang pertama kali menggunakan pesawat Antonov

Pesawat Antonov AN124-100 mengangkut 216 px automotive wiring harness. Ini adalah ekspor perdana dengan "charter flight direct" rute YIA-Hanoi-US. Petugas Bejo pun melayani dokumen ekspor dan mengawasi proses loading ke pesawat pengangkut. Selain itu, tim pengawas juga melakukan pemeriksaan pesawat, atau disebut dengan Plane Zoeking, untuk memastikan bahwa tidak terdapat benda berbahaya atau ilegal di dalam pesawat. Komoditi ekspor ini merupakan produksi dari Kawasan Berikat PT Jatim Autocomp Indonesia di Pasuruan dan EDS Manufacturing di Tangerang. Ada pula yang berasal dari Pusat Logistik Berikat (PLB) yang berlokasi di Jepara, yaitu PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia.


Pesawat Antonov AN124-100 Mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA)
Komoditi ekspor ini merupakan produksi dari Kawasan Berikat PT Jatim Autocomp Indonesia di Pasuruan dan EDS Manufacturing di Tangerang. Ada pula yang berasal dari Pusat Logistik Berikat (PLB) yang berlokasi di Jepara, yaitu PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia.

"Ekspor hari ini merupakan gebrakan luar biasa bagi kita semua. Meski komoditinya bukan berasal dari Jogja, tetapi petugas kami tetap melakukan pelayanan dan pengawasan secara optimal. Kami harapkan hal ini menjadi penyemangat para eksportir di Jogja agar dapat melakukan ekspor dari YIA," jelas Hengky Aritonang selaku Kepala Kantor Bea Cukai Jogja. 


Berikut video detik-detik pesawat Antonov AN 124 - 100 mendarat di bandara Yogyakarta International Airport (YIA).


Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers