Pin It

09 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 05:11

Boss Twitter Jual Cuitan Pertama Seharga $ 2.5 Juta US Dolar melalui Cent

Seperti biasa, hampir setiap hari aku selalu baca-baca berita di internet dan hari ini menemukan berita yang berjudul "Twitter founder's auction of a tweet draws $2 million bid" dari AFP. Artinya kira-kira Bos Twitter Jack Dorsey menjual tweet pertamanya melalui pelelangan online. Masih menurut AFP, tawaran untuk tweet pertama Dorsey tersebut mencapai 2,5 juta dollar AS atau setara Rp 35 miliar. 


Boss Twitter Jual Cuitan Pertama Seharga $ 2.5 US Dolar melalui Cent
Boss Twitter Jual Cuitan Pertama Seharga $ 2.5 US Dolar melalui Cent. (Photo: AFP)

Lalu apa cuitan pertama Dorsey yang akan dilelang? "just setting up my twttr (sedang menyiapkan twttr saya)," tweet Dorsey pada 22 Maret 2006. 



Kemudian pada Pada Jumat (5/3/2021), Dorsey juga mengunggah link yang mengarahkan situs pelelangan yang terafiliasi dengan akun Twitter @Cent. 



Apa itu situs Valuables By Cent? Menurut biografi @Cent, akun tersebut membeli dan menjual tweet dan produk digital lain yang ditandatangani oleh pembuatnya. Tweet tersebut akan dijual sebagai Non-Fungible Token (NFT), semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya. Meskipun begitu, unggahan tersebut tetap tersedia untuk umum di Twitter bahkan setelah dilelang. Untuk contoh cuitan Dorsey, pembeli akan menerima sertifikat, ditandatangani secara digital dan diverifikasi oleh Dorsey, serta metadata dari twit asli. 


NFT Tercatat di Blockchain 


Metadata tersebut mencakup informasi seperti waktu twit itu diunggah dan konten teksnya. Kepemilikan NFT dicatat di blockchain, semacam ledger atau buku besar digital yang mirip dengan jaringan yang mendukung Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Namun, tidak seperti kebanyakan blockchain mata uang, seseorang tidak dapat menukar satu NFT dengan yang lain seperti yang dapat dilakukan terhadap aset digital macam Bitcoin dan lainnya. Setiap NFT unik dan berlaku sebagai item koleksi yang tidak dapat diduplikasi sehingga menjadikannya langka. Kebetulan Dorsey juga menjadi pendukung mata uang digital, menuliskan #bitcoin di biografi akun Twitter-nya. Contoh lain, contoh meme Nyan Cat, yang dibuat pada 2011, misalnya, terjual 587.000 dollar AS atau setara Rp 8,21 miliar dalam lelang online bulan lalu. 


NFT memang belakangan ini booming karena digunakan oleh sejumlah musisi dan seniman sebagai cara alternatif untuk menjual karya mereka. Istri Elon Musk yang juga seorang musisi, Grimes, diketahui telah menjual karyanya melalui NFT seharga 5,8 juta dollar AS (sekitar Rp 82,9 miliar). Selain itu, Chris Torres juga menjual versi unik dari meme viralnya, Nyan Cat, seharga 300 ethereum (Rp 6,6 miliar) melalui NFT, sebagaimana dihimpun dari Live Mint. 


Beberapa orang yang membeli NFT percaya, kepemilikan aset itu dapat membantu mereka membuktikan kepemilikan barang virtual. Selain itu, menurut keterangan Valuables, memiliki konten digital apa pun dapat menjadi investasi finansial, menyimpan nilai sentimental, dan menciptakan hubungan antara kolektor dan pencipta.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email