Pin It

12 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 09:26

Berapa Pendapatan Channel Youtube PO Sumber Alam?

Beberapa teman menanyakan berapa penghasilan channel Youtube PO Sumber Alam yakni Sumber Alam ID. Ini agak aneh, seharusnya teman saya ini menanyakan langsung melalui Facebook kepada owner PO Sumber Alam, pak Anthony Steven Hambali, bukan menanyakan kepada saya. Tapi berhubung banyak yang menanyakan, akan saya jawab sebisa saya. Saya sendiri tidak tahu persis berapa penghasilan channel Youtube PO Sumber Alam, tapi kita semua sebenarnya bisa memperkirakan berapa penghasilan channel Youtube tersebut. Indikator yang umumnya digunakan untuk menghitung pendapatan Youtube adalah Revenue per Impression (RPM). RPM sendiri adalah uang yang akan kita dapatkan dari setiap 1.000 penayangan iklan pada seluruh video di channel youtube. 


Berapa Pendapatan Channel Youtube PO Sumber Alam?
Channel Youtube Sumber Alam ID

Kemudian Google akan membayar 68% dari pendapatan AdSense mereka, jadi untuk setiap US$ 100 yang dibayarkan pengiklan, Google membayar US$ 68 kepada Youtuber. Nah, nilai yang tertera dalam channel merupakan hasil bagi tersebut. Tarif aktual yang dibayarkan pengiklan juga bervariasi, biasanya antara US$ 0,10 hingga US$ 0,30 per tampilan, tetapi rata-rata keluar di $ 0,18 per tampilan. Rata-rata saluran YouTube dapat menerima US$ 18 per 1.000 tampilan iklan. Ini sama dengan US$ 3 - US$ 5 per 1000 tampilan video. Sebenarnya iklan yang tampil tidak hanya iklan Cost per Mille atau CPM (biaya per seribu tampilan) atau RPM, banyak juga iklan jenis PPC (Pay Per Click). Namun pada kenyataannya, hanya sebagian kecil dari penonton yang akan mengklik iklan. Perlu diketahui juga bahwa rata-rata CTR (Click Through Rate) iklan youtube hanya 0,3%. Ini berarti dari 1000 tayangan, kita hanya akan mendapat 3 klik iklan. Agar dihitung untuk pembayaran, pemirsa harus menontonnya setidaknya selama 30 detik.


Indonesia sendiri memiliki RPM yang rendah jika dibanding dengan negara lain. Apalagi jika dibandingkan Amerika, jauh banget! Bayaran per 1.000 views-nya bisa mencapai 1-7 USD. Dari sini bisa kita lihat nilai RPM ini bisa jauh lebih tinggi atau lebih rendah tergantung jenis iklan yang ditayangkan pada setiap video Youtube kamu. Ada banyak faktor yang menentukan RPM itu sendiri, diantaranya: kualitas traffic, negara asal pemilik akun, asal negara yang menonton, kategori video, harga iklan yang tayang, adblock, jumlah klik dan lainnya. Dari berbagai faktor ini, maka setiap Youtuber akan memiliki nilai RPM yang berbeda. Jika masih bingung, berikut adalah contoh perhitungan penghasilan menggunakan RPM: 


Di Indonesia, perhitungan kasarnya adalah YouTuber bisa mendapat sekitar 7000 rupiah per 1000 tayangan. Maka kalau video mendapat 1 juta views, pendapatan yang bisa diperoleh setidaknya adalah 550 USD atau sekitar Rp7.000.000. Perlu kita ketahui, angka tersebut merupakan perkiraan karena ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti telah saya sebutkan diatas. Angka tersebut didapat berdasarkan dua faktor penting dalam penayangan iklan: CPM (Cost per Mille) dan CPC (Cost per Click). 


Pendapatan Channel Youtube PO Sumber Alam


Setelah kita mengetahui perhitungan pendapatan Youtuber, sekarang kita mulai menaksir besaran pendapatan dari channel Youtube PO Sumber Alam. Untuk mengetahuinya kita bisa menggunakan tool dari Socialblade sebagai berikut:


Berapa Pendapatan Channel Youtube PO Sumber Alam?
Pendapatan channel Youtube milik PO Sumber Alam. (Tangkap layar Socialblade)

Untuk mengira-ngira pendapatan channel Youtube PO Sumber Alam. Menurut Socialblade, data ini saya ambil 12 Maret 2021 pukul 08.12 WIB, channel tersebut tercatat mendapat 1,148 juta views dalam 30 hari terakhir. Maka jika menggunakan taksiran Socialblade dengan rentang RPM 0,5-4 dolar, channel Youtube PO Sumber Alam akan mendapat sekitar 287 - 4600 Dolar per bulan (sekitar Rp 4.1 Juta – Rp 66,2 juta) tergantung negara asal trafik.


Namun, jika ingin menaksirnya lebih akurat maka harus tahu rata-rata RPM yang biasa didapat dari Youtuber tersebut. Untuk contoh kasus data channel Youtube PO Sumber Alam maka jika kita menggunakan angka RPM terkecil 0.5 dollar maka pendapatannya sekecil-kecilnya adalah 4.1 Juta per bulan.  

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email