Pin It

18 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 13:32

Sion, Mobil Listrik dengan Panel Surya Buatan Sono Motors

Kabar mengejutkan datang dari perusahaan rintisan (start-up) asal Jerman, Sono Motors. Sono Motors kembangkan mobil listrik (EV) bertenaga surya yang dikenal sebagai Sion. Prototipe ini muncul di pameran virtual CES 2021 pada awal tahun ini dan mempunyai panel surya di sebagian besar bodi mobil. Sono Motors melengkapi EV Sion dengan baterai 35 kWh yang menggerakkan motor listrik dengan keluaran tenaga mencapai 161 hp dan torsi 270Nm. Ini memungkinkan mobil kecil itu menempuh jarak 158 mil atau 255 km dengan sekali pengisian dalam siklus waktu WLTP yang bisa melaju dengan kecepatan hingga 140 km/jam. Panel surya yang terdapat pada EV Sion ini akan menyediakan jangkauan hingga 22 mil atau 35 km setiap harinya. 

Sion, Mobil Listrik dengan Panel Surya Buatan Sono Motors
Sion, mobil listrik dengan panel surya buatan Sono Motors (Foto: sonomotors.com)

Sebenarnya mobil listrik ini merupakan mobil listrik biasa yang ditenagai dari aliran listrik dari baterai dan diisi daya menggunakan metode pengecasan biasa. Namun yang membuatnya berbeda adalah mobil tersebut bisa mengisi daya dari sinar Matahari saja. Sono Motors mengatakan bahwa panel surya yang ada di mobil tersebut bisa mengisi daya baterai mobilnya hingga menempuh jarak 70 mil atau 112 kilometer. 


Secara fisik, Sion bukan sedan liftback seperti kebanyakan model mobil listrik. Sion masuk kategori MPV 5 tempat duduk dengan bagian buritan yang mengotak. Desainnya pun tidak begitu ramai dengan lekukan bodi maupun tarikan garis yang banyak. Bisa dibilang eksterior Sono Sion cukup simpel dan sederhana. Namun di balik kesederhanaan bentuk eksteriornya ini tersematkan 330 solar panel atau panel surya di sekujur bodinya. Mulai dari kap mesin, atap, keempat pintu, buritan hingga area pilar C-nya tertanam solar panel untuk menyerap tenaga surya. 


Sion, Mobil Listrik dengan Panel Surya Buatan Sono Motors
Panel surya di mobil Sion. (Foto: Dok. Sono Motors)

Mengutip website resminya, Sono Motors telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan ternama seperti Continental, ElringKlinger dan RLE International, Swedbank Robur dan DNCA. Selain itu Sono Motors telah secara rahasia mengajukan IPO dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (the U.S. Securities and Exchange Commission) menunjukan keseriusan mereka untuk memproduksi kendaraan listrik dengan panel surya. 


Sayangnya, untuk saat ini di website resminya, Sono Motors belum ungkapkan tanggal peluncuran dan harga dari EV Sion.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email