Pin It

25 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 06:18

Saingi Clubhouse, Twitter Rilis Space

Akhirnya Twitter merilis @TwitterSpaces versi beta dalam update terbaru aplikasi Twitter Android versi 8.83.0 setelah sebelumnya merilis untuk pengguna IOS. Apa itu Space? Secara garis besar, Space mirip Clubhouse, berupa ruang obrolan berbasis audio yang memungkinkan pengguna mengajak follower atau orang-orang tertentu untuk berdiskusi di dalam sebuah forum khusus. Nah, dengan Space, pengguna Twitter bisa membuat sesi diskusi virtual dengan topik tertentu yang nantinya dapat didengar secara langsung oleh pengguna lainnya. Tampilan Space di aplikasi Twitter sangat sederhana, hanya ada foto profil berikut nama pengguna seperti gambar di bawah ini. 

Saingi Clubhouse, Twitter Rilis Space
Twitter Space

Apa bedanya Space dengan Clubhouse? Perbedaan mencolok ada pada daftar pendengar atau pembicara yang hadir di Spaces disusun dalam empat kolom. Pendengar bisa membagikan reaksi berupa emoji ketika diskusi sedang berlangsung. Pengguna yang berperan sebagai host atau moderator juga bisa memilih siapa saja partisipan yang boleh bergabung ke dalam ruang obrolan tersebut. 

Saingi Clubhouse, Twitter Rilis Space
Ruang obrolan Space

Ada tiga opsi yang bisa dipilih yaitu publik secara umum, orang yang Anda ikuti (Following), atau orang tertentu yang Anda undang melalui fitur Direct Message (DM). Undangan diskusi virtual di Spaces dapat dibagikan lewat tweet, Direct Message (DM), atau dimunculkan lewat fitur Fleets di bagian atas Timeline. Host memiliki kendali atas siapa saja yang bisa berbicara dalam forum diskusi tersebut. Host juga bisa menghapus, melaporkan, bahkan memblokir pengguna lain yang dianggap mengganggu dan melakukan tindakan di luar batas. Host juga dapat mengunduh hasil rekaman percakapan di Spaces apabila mereka mengaktifkan opsi "Transcriptions". 


Bagaimana bila terjadi obrolan yang diindikasi melanggar ketentuan yang ada? Twitter akan menyimpan salinan rekaman tersebut selama 30 hari setelah berhasil ditinjau dan dianggap tidak melanggar kebijakan yang berlaku. Apabila ditemukan adanya pelanggaran, Twitter akan memperpanjang jangka waktu penyimpanan selama 90 hari kepada pengguna untuk mengajukan banding jika rekaman mereka terbukti tidak melanggar ketentuan. 


Dengan adanya fitur Space, tentu saja Twitter semakin menarik. Namun sayangnya, seperti keterangan yang dirilis melalui Blog Twitter, untuk sementara Spaces hanya memungkinkan 10 orang yang bisa berbicara pada saat bersamaan. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers