Pin It

20 March 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 09:26

Perusahaan Minyak Rusia, Gazpromneft Buka Lahan Pertambangan Bitcoin

Perusahaan minyak Rusia Gazpromneft, anak perusahaan minyak Gazprom, memasuki berbagai jenis penambangan, termasuk mining farm untuk menambang Bitcoin. Motivasi di balik upaya ini adalah untuk memulihkan energi yang terbuang menjadi bisnis cryptocurrency yang menguntungkan. Menurut Coindesk dalam artikelnya yang berjudul "Russian Oil Drilling Giant Opens a Crypto Mining Farm Run on Gas Energy", perusahaan membuka tempat dimana energi gas digunakan sebagai sumber penambangan kripto. Situs penambangan Bitcoin ini terletak di wilayah Khanty-Mansiysk di barat laut Siberia. 

Perusahaan Minyak Rusia, Gazpromneft Buka Lahan Pertambangan Bitcoin
Bitcoin

Meski ini yang pertama di Rusia tapi menurut data Bloomberg, Gazpromneft bukan pertama kalinya hal ini terjadi di dunia. Perusahaan energi di AS sudah menggunakan gas menjadi listrik untuk menyediakan pasokan listrik ke pusat data yang menghasilkan pendapatan dengan menambang Bitcoin. Gazpromneft menggunakan gas berlebih untuk pembangkit listrik. Perusahaan minyak asal Rusia ini ingin mendapatkan keuntungan dari kelebihan gas dengan menambang Bitcoin di ladang minyak. Vekus adalah yang pertama di Rusia yang memanfaatkan kelebihan gas Gazpromneft untuk menambang Bitcoin seperti operasi penambangan di Amerika Utara seperti Greenidge Generation, Crusoe Energy Systems, EZ Blockchain, dan Upstream Data. Publikasi regional Forklog mengatakan bahwa Vekus memasang 150 Antminers dan selama uji coba Vekus menggunakan 49,500 meter kubik gas untuk menghasilkan 1.8 BTC." Gazpromneft memasok listrik yang diproses dari gas alam berlebih dengan harga listrik yang diterima Vekus jauh lebih murah daripada membelinya langsung dari jaringan. 


Dengan semakin banyaknya penambangan Bitcoin disini, Siberia telah berkembang sebagai pusat penambangan Bitcoin. Karena suhu rendah di kawasan ini dan biaya listrik yang murah, banyak mining farm didirikan di Siberia. Jelas, udara dingin mampu mendinginkan proses penambangan yang membuat perangkat menjadi panas. Di Siberia, tenaga air murah, iklim dingin, dan infrastruktur industri eks Soviet yang terbengkalai telah menjadikan wilayah ini sebagai tempat yang menarik penambang kripto.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email