Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

21 June 2017

Mudik 2017, Tingkir Exit (Tingxit) Berpotensi Macet Seperti Brexit Tahun Lalu Dan Ini Jalur Alternatif Menghindari Macet

Dalam info mudik lebaran 2017 ini saya akan membahas potensi kemacetan di exit tol Salatiga di Tingkir. Ya, waspadai pintu keluar Tol Bawen-Salatiga di kecamatan Tingkir, Salatiga berpotensi macet parah seperti Brebes Exit (Brexit) saat difungsikan untuk mudik Lebaran 2017. Potensi terjadinya kemacetan itu karena pintu keluar jalan Tingkir atau Tingkir Exit (Tingxit) merupakan jalan madya yang lebarnya hanya sekitar enam meter. Nah, di ujung jalan tol Bawen-Salatiga itu terdapat ruas jalan Tingkir-Suruh-Karanggede- Sragen yang selama ini merupakan jalur padat namun sempit. Artinya pada saat keluar dari jalan tol, justru kondisinya malah menyempit sehingga potensial mengulang fenomena Brexit seperti pada Lebaran tahun lalu. Kalau tol-nya saya kira tidak masalah, namun yang jadi masalah adalah keluarnya. Karena jalurnya ini menyempit atau bottleneck. Dan ini bisa diperparah dengan pengguna jalan yang justru meminggirkan mobilnya hanya sekedar selfie di gerbang tol yang cantik tersebut. Dari pantauan sekitar exit tol Salatiga sih jalur Cengek-Tingkir akan macet parah. Bisa berjam-jam mungkin dari exit tol ke Tingkir saja. Jalur yang cenderung sempit tentu penyebabnya, seperti foto dibawah ini.


Rekayasa Antisipasi Kemacetan Exit Salatiga

Beruntung, langkah antisipasi pencegahan kemacean Tingxit telah dikoordinasikan dengan Ditlantas Polda Jawa Tengah, PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku operator jalan tol Semarang-Bawen serta Polres Salatiga. Adapun rekayasa yang telah disepakati dari pemetaan itu adalah, setelah kendaraan keluar di Tingxit berbelok ke kanan akan diberlakukan satu arah. Sedangkan jalan alternatif untuk masyarakat yang akan menuju arah sebaliknya, dari Terminal Tingkir ke arah Suruh akan dialihkan melalui daerah Senjoyo, Tengaran, Kabupaten Semarang.

Sejumlah rekayasa lalu lintas telah disiapkan pihak terkait, seperti menjadikan jalur Suruh-Tingkir sebagai jalan searah atau menerapkan sistem buka-tutup. Lalu bila terjadi penumpukan di Exit Tol Salatiga, maka akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Semarang, untuk menutup arus ke Tol Bawen-Salatiga dan kendaraan dari arah Semarang, dikeluarkan lewat Exit Tol Bawen.

Jalur Alternatif

Kemudian di sekitar jalur Tingkir-Suruh disiapkan jalur alternatif bagi warga lokal untuk menghindari kemacetan di sekitar Exit Tol Salatiga. Rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan untuk mengantisipasi arus balik Lebaran.
Saya sarankan agar para pemudik yang ingin menuju Kota Solo mengambil rute alternatif ke arah Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang setelah keluar dari jalur jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga tersebut. Jalur jalan alternatif itu disarankan agar tak terjadi penumpukan kendaraan di kawasan Tingkir.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mudik 2017, Tingkir Exit (Tingxit) Berpotensi Macet Seperti Brexit Tahun Lalu Dan Ini Jalur Alternatif Menghindari Macet. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers