Pin It

11 June 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:45

Mobil Klasik Porsche 597 Eks Militer Jerman

Setelah sebelumnya membahas mobil VW Kodok 4x4 punya tentara Nazi, kali ini saya akan membahas Porsche 597. Porsche secara khusus membangun 597 Jagdwagen untuk mengikuti tender pada 1953 di Angkatan Darat Jerman yang sedang dibangun kembali. Pesaing kendaraan angkut personil berpenggerak 4x4 itu adalah Volkwagen, Jeep dan Land Rover. Jangan heran bila sosok Jagdwagen sangat serupa dengan kendaraan amfibi VW Kubelwagen yang jadi andalan pasukan Nazi pada Perang Dunia II. Maklum saja dua kendaraan angkut personil ini dirancang oleh desainer yang sama, Ferdinand Porsche. Bedanya ground clearance lebih tinggi dan ban serep sekaligus pelindung bonnet.

Porsche 597

Sama seperti WV Kubelwagen, Porsche 597 Jagdwagen memiliki struktur suspensi independent di depan dan belakang serta kusen pintu yang tinggi. Bagian alas mobil dibuat tertutup rapat dan rata sehingga mampu meluncur di atas lumpur, salju atau menyusuri sungai. Mesin belakangnya berkapasitas 1600cc empat silinder dengan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam, sama dengan Porsche 356.

Porsche 597

Transmisi manualnya punya lima percepatan dengan perpindahan ke 4x4 bisa dilakukan tanpa harus berhenti terlebih dahulu. Pada 1953, inilah sistem 4x4 tercepat dan tercanggih. Sepertinya rejeki Porsche bukan dari militer, tender dimenangkan Volkwagen. Namun toh AD Jerman tetap memesan beberapa unit 597 Jagdwagen pada 1957. Jumlah yang terlalu kecil untuk mencapai nilai ekonomis produksinya, sehingga Porsche membuat lebih banyak dan menjualnya kepada sipil.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers