Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

29 June 2017

Ini Kamar Tidur Barack Obama Kecil Di Museum UGM Yogyakarta

Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengunjungi Yogyakarta usai berlibur di Bali. Kunjungan Obama ke Indonesia ini merupakan kali pertama setelah tak lagi menjabat di Gedung Putih. Obama datang bersama sang istri, Michelle Obama, serta kedua anaknya yang belum pernah berkunjung ke Indonesia, Malia dan Natasha. Mengapa Obama memilih Yogyakarta sebagai tempat berlibur setelah Bali? Karena ini adalah rangkaian nostalgia Obama di Indonesia. Barry, panggilan Barack Obama waktu kecil, sering berkunjung ke Yogyakarta saat libur panjang menggunakan kereta api dari Jakarta. Barry biasa berkunjung ke rumah paman tirinya Prof Dr Iman Sutiknjo, Dekan Fisipol UGM di Bulaksumur, Blok D7, Caturtunggal, Depok, Sleman. Istri Dr Iman Sutiknjo merupakan kakak dari Dr Soetoro yang merupakan ayah tiri Barack Obama. Dan dibawah ini saya sertakan foto tempat tidur yang sering dipakai Barack Obama saat berkunjung ke Yogyakarta.


"Ketika Obama kecil tahun 1967-1971, itu sekolahnya kan di Menteng, Jakarta, dan kalau libur panjang selalu menghabiskan liburannya di Bulaksumur Blok D7 karena ibu dari Dr Soetoro atau Neneknya Obama tinggal di rumah Blok D7," ujar salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, Widodo.

Pengelola Museum UGM menceritakan, Ann Dunham, ibu Obama, saat itu menjadi staf peneliti di Pusat Studi Kependudukan UGM yang dipimpin oleh Masri Singarimbun. Biasanya Obama datang ke Yogyakarta saat libur sekolah. Nah, Obama menginap di salah satu ruangan di rumah ini seperti foto diatas.

Saat ini ruangan tersebut diberi nama ruangan Barry dan diabadikan menjadi salah satu museum. Rumah dan bangunan hingga saat ini masih dipertahankan seperti aslinya dan menjadi museum UGM. Obama biasanya menginap di kamar kerja Imam Sutiknjo. Saat Obama ke Yogyakarta, ruang kerja yang dipenuhi buku-buku itu diubah menjadi kamar tidur Obama bersama ayah tiri dan ibunya.

"Semuanya masih seperti aslinya. Termasuk letak meja dan kursi kerja Imam Sutiknjo yang kamar kerjanya dijadikan tempat menginap Obama semasa liburan," papar pengelola museum.

Pak Widodo menambahkan, Museum UGM ini menyimpan beberapa benda Barack Obama semasa kecil, seperti tempat tidur, koper, dan kursi yang biasa digunakan Obama. Tempat tidur yang digunakan waktu itu juga masih asli. Tempat tidur itu dulunya biasa digunakan Obama tidur bersama ayah tirinya Dr Soetoro dan ibu kandungnya Dr Ann Dunham.

Pak Widodo menjelaskan selain tempat tidur, ada sebuah kursi berwarna putih yang biasa digunakan Obama kecil duduk. Kursi itu dulunya berada di beranda rumah, tapi saat ini diletakkan di dalam ruang tamu. Lalu masih ada koper milik Obama. Saat datang ke rumah ini Obama punya kebiasaan menaruh koper di sebelah selatan kamar.

"Sebenarnya ada juga mainan Obama waktu kecil. Bentuknya kotak-kotak dan terbuat dari kayu. Sayangnya mainan itu sekarang rusak," jelas Widodo.

Nah itulah jejak-jejak Obama di Yogyakarta. Semula ia berencana mengunjungi Candi Prambanan, Borobudur, Tebing Breksi, dan Keraton Yogyakarta. Namun, kabar terakhir yang diperoleh, Obama membatalkan kunjungan ke Tebing Breksi dan Keraton Yogyakarta. Meskipun ini bukan kunjungan resmi kenegaraan namun tetap mendapat pengawalan ketat. Dan ini foto rombongan Obama saat meninggalkan bandar Adi Sucipto Yogyakarta.

Obama Dikawal Ketat

Dan rangkaian liburan Obama ke Indonesia akan ditutup dengan menjadi pembicara dalam kongres diaspora di Jakarta pada 1 Juli 2017.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Ini Kamar Tidur Barack Obama Kecil Di Museum UGM Yogyakarta. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers