Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

26 June 2017

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Kali ini saya akan berbagi cara membuat aplikasi andoid tanpa coding. Seperti kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara yang memiliki ratusan juta penduduk. Dengan banyaknya jumlah penduduk, Indonesia salah satu pasar potensial smartphone Android. Pangsa pasar yang begitu besar tentu sayang sekali jika dibiarkan. Mungkin banyak diantara kita mengira membuat aplikasi Android itu susah, harus jago coding, harus pintar Java dan lain-lain.


Nah, saat ini sudah ada banyak aplikasi maupun situs yang memungkinkan kita membuat aplikasi Android dengan mudah. Tanpa repot-repot belajar Java, tanpa harus jago coding, cukup drag and drop dan beberapa pengaturan sedikit, kita bisa membuat aplikasi Android sendiri dengan beberapa aplikasi dibawah ini:

1. Appery.io

Appery.io adalah salah satu situs yang pertama kali menawarkan pengembangan aplikasi mobile enterprise dengan backend service terintegrasi dan kaya akan plugin API yang akan menyederhanakan integrasi dengan service cloud dan sistem enterprise. Appery.io menggabungkan kemudahan pengembangan visual dengan kekuatan dari JavaScript untuk membuat aplikasi mobile di berbagai perangkat dengan cepat.

Appery.io sudah cukup dikenal di dunia pengembangan aplikasi mobile. Lebih dari 30 situs pernah membahas Appery.io dalam artikelnya sejak tahun 2012. Beberapa di antaranya ialah InfoWorld, SDTimes, TechTarget, CloudTimes, ChinaTimes, infoTech, ComputerWorld, dll.

Appery.io memiliki 5 pilihan paket, yaitu Starter, Standard, Pro, Premium, dan Enterprise. Untuk pengguna awal, kita bisa menggunakan paket Starter yang tersedia gratis untuk 1 aplikasi dengan maksimum 3 halaman. Meskipun gratis, Appery.io tetap memberikan jatah 1.000.000 APIcall, penyimpanan 1GB, serta tetap memberikan dukungan melalui Customer Service maupun Technical Servicenya. Lebih detail tentang harga tiap paket kunjungi halaman http://appery.io/pricing/

Karena Appery.io tersedia melalui cloud, maka tidak perlu ada yang kita unduh atau pasang, yang kita butuhkan hanya peramban web terkini agar fitur-fitur Appery.io dapat berjalan dengan baik. Tersedia editor visual untuk melakukan drag and drop komponen untuk membangun antarmukanya. Setelah selesai aplikasi yang dibuat tidak hanya tersedia untuk Android, tetapi juga iOS dan Windows Phone.

2. AppMakr

Dengan AppMakr kita bisa membuat aplikasi Android berkualitas tanpa coding. Aplikasi yang dibuat juga dirilis atas nama kita, bukan atas nama AppMakr. Kita bisa menggunakan AppMakr secara gratis dengan adanya iklan di aplikasi yang kita buat, atau apabila tidak ingin ada iklan di aplikasi yang kita buat, serta fitur-fitur lainnya, kita bisa mendaftar salah satu dari dua paket berbayar.

AppMakr tersedia dalam 14 bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Spanyol, Perancis, India, Jepang, Persia, Portugis, Sinhala, Tamil, Thailand, Turki, dan Indonesia.

Seperti situs lainnya, AppMakr memiliki antarmuka yang memudahkan kita dalam membuat aplikasi Android, cukup drag komponen dari sebelah kiri ke jendela smartphone yang ada ditengah. Header, ikon, serta gambar latar belakang pun juga tersedia.

3. Appy Pie

Appy Pie adalah situs selanjutnya yang dapat membuat aplikasi Android tanpa coding. Tidak perlu ada yang dipasang atau diunduh, cukup dengan drag and drop untuk membuat aplikasi yang diinginkan. Setelah selesai, aplikasi yang dibuat dapat di-publishke Play Store atau Apple App Store.

Selain Android dan iOS, aplikasi yang dibuat juga dapat berjalan di Blackberry, Windows dan Kindle. Situs seperti Mashable, Wired, TechCrunch, Forbes, Gigaom, ZDNet, TNW, dan VentureBeat pernah membahas Appy Pie dalam situsnya.

Appy Pie sekarang juga menyediakan fitur Game Builder. Dengan fitur ini, kita juga bisa membuatmobile game.

Tersedia empat pilihan paket, yaitu Free, Basic, Gold, dan Platinum. Paket Free tersedia secara gratis, tapi hanya bisa membuat aplikasi untuk HTML5 dan Android dan fitur yang sangat terbatas serta terdapat iklan dalam aplikasi kita.

Nah itulah cara membuat aplikasi android tanpa coding melalui 3 situs diatas.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers