Pin It

11 June 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:43

Lagu Terbaru ROXX "Setengah Manusia", Kisah Perjuangan Toni Monot Menemukan Kembali Ingatannya Pasca Kecelakaan VS Truck Trailer

Coba simak penggalan lirik lagu terbaru dari ROXX yang berjudul Setengah Manusia dalam album terbarunya Anthem yang rilis Maret 2017 lalu: "Separuh jiwaku pergi, ingatanku tak kembali. Coba lagi tuk berdiri. Berontak, terikat, terkungkung di ruang ini. Terjaga, tersadar, sendiri aku di sini. Kurasakan kebimbangan dunia baru yang tak kukenal".

Toni Monot

Ya, Lagu Setengah Manusia ditulis untuk mengenang bassist Roxx, Toni Monot, yang berjuang menemukan ingatannya yang hilang. Dalam proses penulisannya, lagu Setengah Manusia melibatkan banyak manusia, yaitu Dd Crow (gitaris), Raiden Soedjono (drummer) dan Iwan (gitaris) dalam hal aransemen musik. Sedangkan lirik ditulis oleh Dd Crow dengan melibatkan Austin Utammy (istri Dd, sekaligus manajemen Roxx), dan Irma Muti (istri Toni Monot).

Kecelakaan Bassist ROXX Toni Monot

Pada suatu hari di tahun 2012, Toni yang selesai manggung pulang mengendarai mobil bersama istrinya, Irma, menuju rumah mereka di daerah Ciawi, Jawa Barat. Keduanya tidak pernah tahu bahwa malam itu akan mengubah hidup mereka selamanya. Toni yang memegang kemudi melaju di ruas tol Jagorawi. Keduanya menghabiskan waktu dalam perjalanan dengan bercakap-cakap. Kira-kira jam tiga malam, ada perbaikan jalan dan mereka menabrak truk, tepatnya menabrak ujung truk kontainer.

Kecelakaan parah itu membawa dampak panjang bagi Toni, yaitu amnesia atau hilang ingatan. Saat itu, koma sih enggak, cuma memang harus dibuat koma karena tempurung kepala dioperasi. Toni Monot dirawat selama dua bulan di rumah sakit. Hilang ingatan yang dialami Toni membuatnya sulit mengkonstruksikan bahasa. Termasuk mengenali objek dan membahasakan apa yang ada di benaknya. Yang dia ingat hanya nama anak. Sementara Dd Crow di sebuah acara infotainmen di TV mengatakan salah satu kemampuan Toni yang tidak hilang ketika amnesia adalah bermain bass. Meski tidak se-fasih sebelum peristiwa tragis itu terjadi.

“Satu-satunya ketrampilan yang dia tidak lupa adalah bermain bass. Meski dia tidak tahu itu namanya apa, kunci apa, ampli-nya apa, tetapi dia bisa bermain dengan feelling. Kita lihat di situ ada sesuatu yang dia ingat. Karena dia nge-band terus lama-lama ketrampilan yang lain membaik,” kata Dd Crow.

Nah, Toni saat ini adalah Toni Monot yang baru. Toni yang sudah berhasil berjuang menelusuri ingatannya. Toni yang tidak menyerah mengenali dirinya sendiri. Selama bertahun-tahun Irma dan para sahabat Toni bersama-sama membantu Toni untuk kembali menelusuri ingatannya yang hilang. Dokter menyarankan untuk sering diajak keluar rumah. Istrinya rajin telepon anak-anak ROXX. Istrinya telepon Jaya (mantan personel Roxx) untuk latihan. Toni blank, bahkan Toni tidak tahu nyolokin kabel ke ampli.

Sementara itu mengutip sebuah berita di MetroTV, Toni mengaku salah satu caranya untuk memancing memori masa lalu adalah dengan mendengarkan kembali lagu-lagu Roxx.

Nah, lagu Setengah Manusia ditulis Dd atas ide dari Irma. Lagu yang ditulis pada Desember 2016 itu terekam dalam album terbaru Roxx, Anthem yang dirilis akhir Maret 2017. Album Anthem sekaligus menjadi penanda perjalanan Roxx selama 30 tahun. Lirik lagu Setengah Manusia dibuat secara runtut menceritakan momen awal ketika Toni sadar setelah menjalani perawatan medis selama berbulan-bulan.

Lagu Setengah Manusia itu proses dia dari 'setengah manusia' sampai jadi 'manusia sepenuhnya.' Liriknya dari dia bangun di rumah sakit sampai dia pulih, jadi tidak ada yang diulang dalam lagu itu.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers