Pin It

16 January 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:45

Pentingnya Diskusi Isu Politik Dengan Anak Sejak Dini

Mungkin anda berpikir bahwa anak kecil lebih memilih untuk bermain video games dan anak usia 14 tahun lebih akan memilih untuk sibuk dengan media sosialnya. Tapi faktanya sebaliknya. Ada juga anak yang hoby baca koran sejak kecil, dan mungkin saja mereka mengenal dunia politik sejak dini. Saya juga dulu usia 4 tahun sudah baca koran dan menurun pada anak saya. Selain itu, menurut survey yang dilakukan KidsHealth.org pada 2000 anak-anak dan remaja, 75 persen anak-anak dan 79 persen remaja menyatakan bahwa hasil pemilu akan mengubah kehidupan mereka. Lalu, hampir 50 persen remaja menyatakan bahwa mereka mendapatkan setidaknya sedikit pengaruh dari pilihan kandidat orangtuanya.


Menyadari hal tersebut, pembicaraan dengan anak anda mengenai isu politik termasuk penting. Pembicaraan tersebut bukan hanya dapat membantu anak anda dalam memperluas wawasan dan mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis, namun juga dapat meluruskan kesalahpahaman yang mungkin ada pada anak-anak anda.

Kesalahpahaman terkadang dapat membuat kecemasan terhadap anak-anak. Dalam pembicaraan politik mungkin akan ada perbedaan pendapat anda dengan anak anda. Hal tersebut adalah hal yang lazim dan cobalah gali lebih dalam alasan pendapat mereka dan tunjukan bahwa anda menghargai pendapat mereka.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam diskusi politik dengan anak anda, yaitu tetaplah positif, tetap tenang, serta libatkan dan perkenalkan proses politik yang anda ikuti. Pada awal pengenalan anak-anak terhadap politik perlu ditekankan bahwa opini, pendapat, dan suara mereka sangat berpengaruh. Jadi jangan sampai mereka pesimis terhadap suatu situasi politik dan tidak mau memiliki sikap kritis terhadap kondisi negaranya sendiri.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers