Pin It

23 January 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 01:00

Deretan Mahluk Halus Seksi Penguasa Bidang Sains dan Teknologi

Dari masa ke masa, mahluk halus eh maksudnya wanita yang berkecimpung di dunia sains terus bertambah. Hal ini juga dipicu oleh berbagai stimulus yang diberikan oleh perusahaan teknologi raksasa kepada ilmuwan wanita. Hebatnya lagi, wanita-wanita itu banyak yang memiliki pencapaian besar di bidang sains lebih dari para pria. Contoh paling sederhananya adalah berhasil mendapatkan gelar PhD atau Doctor of Philosophy. Gelar ini hanya diberikan pada mereka yang sukses menyelesaikan studi tingkat doktoral (S-3). Dan gelar PhD menjadi bukti sahih bila hasil penelitian mereka sudah berskala dunia.


Dari sekian banyak ilmuwan wanita cerdas yang kini mengabdikan diri di dunia sains dan teknologi itu, ada banyak yang memiliki paras cantik dan tubuh indah bak model. Misalnya 5 ilmuwan ini.

1. Heather Knight
Wanita cantik ini adalah lulusan PhD dari Universitas Carnegie Mellon, salah satu universitas swasta berkelas di Pennsylvania, Amerika Serikat. Di universitas ini, Heather belajar teknik listrik dan mekanik. Ilmu-ilmu tersebut Heather aplikasikan di dunia robotik. Heather sendiri dikenal sebagai petinggi Marilyn Monrobot, sebuah perusahaan robot yang terkenal menghasilkan robot-robot cerdas untuk dunia pertunjukan dan entertainment.

Heather juga salah satu pendiri dari Robot Film Festival dan Cyborg Cabaret. Dia juga pernah berkarya di NASA, di bagian 'robotic and instrumentation'.

2. Amy Mainzer
Amy adalah peraih PhD dari University of California, Los Angeles (UCLA) di tahun 2003 lalu di jurusan Astronomi. Wanita ini saat ini menjabat sebagai Deputy Project Scientist untuk teleskop WISE (Wide-field Infrared Survey Explorer) NASA yang bertugas mengamati asteroid dan planet-planet kerdil.

Penelitiannya yang lain masih seputar atmosfer planet, cincin planet, dan formasi bintang. Bahkan namanya diabadikan sebagai nama Asteroid 234750 'Amymainzer' yang ditemukan tanggal 8 Juli tahun 2002 lalu.

3. Nina Tandon
Lulusan Columbia University ini sekarang menjabat sebagai profesor di teknik listrik di Cooper Union sekaligus insinyur biomedis di Columbia University. Nina yang berkewarganegaraan Amerika ini memang seorang peraih PhD di bidang teknik biomedis.

Penelitian paling hebat dari Nina adalah usaha menciptakan lapisan sel yang dapat dimanfaatkan untuk transplantasi organ. Untuk melakukan hal ini, Nina menggunakan sinyal listrik yang diberikan pada sel agar bisa tumbuh di lingkungan laboratorium.

4. Ariel Garten
Ariel mengenyam pendidikan di bidang ilmu saraf University of Toronto, Kanada. Penelitian Ariel meliputi pelacakan aktivitas otak yang kemudian memungkinkannya menciptakan produk untuk meningkatkan kecerdasan seseorang dan mengurangi stres.

Perusahaannya InteraXon juga sempat meluncurkan "Muse", sebuah ikat kepala yang dapat memindai aktivitas otak. Muse juga bisa terhubung dengan smartphone dan bisa langsung menunjukkan aktivitas otak secara real time.

5. Franziska Michor
Franziska dikenal sebagai ilmuwan yang menjembatani matematika dengan kanker. Peraih PhD bidang Evolusi Biologi dari Universitas Harvard ini bekerja di Insitut Kanker Dana-Farber dan dosen Kesehatan Masyarakat di Harvard T.H. Chan School. Dalam penelitiannya, Franziska mencoba mengungkap evolusi sel-sel kanker menggunakan ilmu matematika demi perawatan penyakit kanker yang lebih baik.

Di tahun 2015 lalu, wanita ini meraih dua penghargaan prestisius, yakni Vilcek Prize for Creative Promise in Biomedical Science dan NYSCF - Robertson Stem Cell Prize
Uniknya, Franziska mempunyai SIM untuk mengendarai kendaraan beroda 18 alias truk kontainer di Australia.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers