Pin It

13 January 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 20:18

Lima Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Beserta Pengelolanya

Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur penting dalam menciptakan konektivitas antar-wilayah. Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), terdapat 33 jalan tol di Indonesia yang sudah beroperasi hingga saya menulis ini pada Januari 2016 dengan panjang total mencapai 949 kilometer di Pulau Jawa dan luar Jawa.

Dari 33 jalan tol yang sudah beroperasi, saya coba himpun lima jalan tol terpanjang di Indonesia. Berikut hasilnya dari yang terpendek dulu.


1. Jalan Tol Cikampek - Purwakarta - Padalarang (Cipularang)

Jalan Tol Cipularang berada di Jawa Barat dan dibangun selama tiga tahun sejak 2003 hingga 2005. Jalan tol ini menghubungkan Kota Jakarta dan Bandung.

Panjangnya mencapai 58,5 kilometer dan menjadi tol nomor lima terpanjang di Indonesia. Jalan Tol Cipularang saat ini dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

2. Jalan Tol Jakarta - Bogor - Ciawi (Jagorawi)

Peringkat keempat tol terpanjang ditempati Jalan Tol Jagorawi. Jalan tol yang dibangun pada 1975 dengan dana pemerintah dan pinjaman luar negeri ini merupakan tol pertama di Indonesia.

Jalan Tol Jagorawi terbentang sepanjang 59 kilometer (termasuk jalan akses) dari Jakarta sampai Ciawi, Jawa Barat.

Jalan Tol Jagorawi yang telah beroperasi sejak tahun 1987 dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

3. Jalan Tol Tangerang - Merak

Berikutnya tol terpanjang ketiga adalah Jalan Tol Tangerang - Merak yang memiliki panjang total 73 kilometer. Pembangunannya dimulai pada 1985 dan berakhir pada 1996.

Fungsi jalan tol ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam akses menuju Pelabuhan Merak. Jalan Tol Tangerang - Merak melintasi Kota dan Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. PT Marga Mandala Sakti saat ini tercatat sebagai pengelolanya.

4. Jalan Tol Jakarta - Cikampek

Jalan tol terpanjang di Indonesia nomor dua ditempati Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Mulai beroperasi semenjak tahun 1988, jalan tol ini dirancang sepanjang total 83 kilometer (termasuk jalan akses) dan melintasi Jakarta Timur, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta. PT Jasa Marga (persero) Tbk merupakan pengelolanya.

5. Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali)

Jalan Tol Cipali menjadi yang terpanjang di Indonesia, 116,75 kilometer. Jalan tol ini diresmikan pada 13 Juni 2015 dan sudah beroperasi menjelang arus mudik Lebaran tahun 2015.

Jalan Tol Cipali merupakan bagian dari sistem jalan Tol Trans Jawa dan melintasi lima kabupaten di Jawa Barat, yakni Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Kini, Jalan Tol Cipali dikelola PT Lintas Marga Sedaya (LMS).
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers