Pin It

15 January 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:31

5 Tips Tetap Tenang Hadapi Teror, Kerusuhan Dan Bencana

Dalam keadaan darurat, semisal ada serangan teror, bencana maupun kerusuhan kita sering tidak tenang dan gugup. Padahal ketenangan itu sendiri 50% dari usaha penyelamatan diri. Dalam keadaan tenang kita bisa berpikir jernih mencari jalan penyelamatan terbaik. Biar kita tidak bingung dan kelabakan, saya kasih 5 tips yang bisa diterapkan.


1. Komunikasi

Hal ini penting untuk memberi tahu beberapa orang penting yang ada di kontak ponsel untuk mengetahui kondisi dan keberadaan kita saat terjadinya peristiwa. Cukup kabarkan keadaan kita dan jangan panik.

2. Jauhi titik peristiwa

Apapun yang terjadi segera jauhi titik kejadian, peristiwa yang terjadi bukan untuk ditonton, dan bukan tugas kita untuk mencari tahu peristiwa apa yang sedang terjadi. Segera selamatkan diri sebelum menjadi korban.

3. Hindari dinding dan jendela kaca

Bila berada di dalam ruangan, jauhi tembok ataupun jendela kaca yang sangat sensitif dengan getaran, ledakan ataupun tembakan karena dapat pecah kapanpun ketika terjadi peristiwa.

4. Ikuti istruksi keamanan yang ada

Dalam keadaan darurat selalu ada istruksi keamanan untuk mengevakuasi masyarakat menuju tempat yang lebih aman. Ikuti instruksi tersebut dan berkumpulah di titik kumpul yang telah disediakan. Jangan memisahkan diri dari rombongan dan tidak perlu melakukan tindakan yang sia sia.

5. Tetap tenang

Suasana yang mencekam memang membuat kita takut, tetapi jangan khawatir segala peristiwa yang terjadi tidak akan terlalu membahayakan kita jika kita tetap tenang dan mengikuti instruksi keamanan yang ada.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email