Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

25 January 2016

Mengejutkan, Ford Mundur dari Indonesia

Keputusan mengejutkan datang dari PT Ford Motor Indonesia. Ford mengumumkan untuk menutup kegiatan mereka di tanah air.

Hal itu diumumkan Ford di situs resmi mereka www.ford.co.id Ford memutuskan mundur dari seluruh operasi mereka di Indonesia.


Padahal Ford sudah melanglang buana di Indonesia sejak tahun 1989. Jadi sangat disayangkan jika si Blue Oval itu mundur di Indonesia.

Berikut keterangan resmi Ford yang disampaikan Ford Motor Indonesia di situs resminya:

Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.

Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru.

Kami berterimakasih atas minat, dukungan dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford. Dan kami akan terus mengkomunikasikan perkembangan yang ada melalui website ini dalam melalui fase peralihan ini.

Apabila Anda ada pertanyaan, silakan menghubungi Ford Customer Service kami di 0807-1-90-9000

Hormat kami,

Bagus Susanto
Managing Director,
Ford Motor Indonesia

Sebagai perusahaan otomotif global, Ford bukan merupakan hal yang baru bagi Indonesia. Ford sendiri hadir di Indonesia sejak 1989. Pada waktu itu, Ford diwakilkan oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC). Baru kemudian, PT Ford Motor Indonesia (FMI) dibentuk pada Juli 2000 sebagai agen utama untuk Ford di Indonesia.

Ford mulai memasarkan kendaraan sejak 2000, dengan 35 orang staf yang menjual mobil lewat 44 diler franchise di seluruh Indonesia. Ford tahun 2015 baru meresmikan 9 diler mobil secara serempak. Jauh dari kesan auto maker yang tengah bermasalah. Apalagi tahun lalu jumlah mobil yang terjual di Indonesia sekitar 6.000 kendaraan dengan pangsa pasar 0,6 persen.

Makanya begitu bos Ford Motor Indonesia mengumumkan mundur dari Indonesia, pasti banyak Otolovers yang sedih, terutama mereka pengguna Ford.

Terus bagaimana dengan nasib karyawan Ford? Nasib mereka bisa terlihat dari surat elektronik Presiden Asia Pasifik Ford Dave Schoch yang dikirim ke karyawan seperti dilansir Reuters.

"Sayangnya, ini berarti tim kami yang ada di Jepang dan Indonesia, tidak akan bekerja lagi untuk Ford Jepang dan Ford Indonesia menyusul penutupan ini," tulis Dave dalam surat tersebut.

Ford menyusul langkah pabrikan Amerika lainnya yakni GM yang memutuskan untuk menghentikan pabrik dan menjadi distributor saja di Indonesia. GM saat itu harus mem-PHK sekitar 500 karyawan.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mengejutkan, Ford Mundur dari Indonesia. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers