Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

23 January 2016

Otak Manusia Mampu Simpan Data Hingga 1 Juta Gigabyte

Semua orang pasti medambakan smartphone dengan memori internal kapasitas besar, misalnya 32GB, 64GB, atau 128GB. Tapi tahu kah Anda bila otak manusia mempunyai kemampuan menyimpan data jauh melebihi itu? Berdasarkan penelitian dari Terry Sejnowski, Profesor dari Institut Salk, Amerika, terungkap bila total otak manusia mampu menyimpan data hingga kapasitas 1 juta Gigabyte! Angka ini 10 kali lipat lebih besar dari hasil penelitian sebelumnya.


Menurut Sejnowski, satu sinapsis (penghubung antara sel saraf) pada otak mampu menyimpan 4,7 bits data, sementara otak manusia biasanya mempunyai 1000 triliun sinapsis. Alhasil, Sejnowski mengkalkulasikan kapasitas otak sebanyak 1 petabyte atau 1 juta byte.

Sebagai perbandingan, data dari berbagai dunia yang diproses oleh Google setiap harinya mencapai 20 petabyte. Ilmuwan sendiri memperkirakan seluruh karya tulisan umat manusia dari awal sejarah sampai saat ini, dari semua bahasa, bila dikumpulkan setara dengan 50 petabyte. "Ini adalah data yang sangat mengejutkan di dunia neurosains," ujar Sejnowski.

Lebih lanjut, penelitian Sejnowski yang meliputi kerja otak secara detail itu juga membuka pintu bagi perusahaan teknologi untuk mengembangkan komputer supercanggih yang hemat energi, seperti halnya otak manusia. "Cara kerja otak adalah kunci untuk menciptakan desain komputer yang lebih baik," tambah Sejnowski.

Sumber: Daily Mail
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Otak Manusia Mampu Simpan Data Hingga 1 Juta Gigabyte. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers