Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

05 January 2016

Kidal Dan Kecerdasan

Sudah lama aku tertarik mempelajari keunikan dan keunggulan orang kidal, aku pikir mereka adalah orang orang dengan otak kreatif. karena otak terbagi secara simetris. Otak kiri digunakan untuk berpikir dan kemampuan intelektual. Sedangkan otak kanan berfungsi sebagai penentu suasana hati atau konsentrasi. Otak kanan itu mengatur bagian tubuh sebelah kiri, sedangkan otak kiri mengatur tubuh sebelah kanan. Orang yang lebih nyaman menggunakan tubuh sebelah kiri, termasuk tangan kiri, berarti otak kanannya yang lebih dominan.

Karena didominasi otak kanan, orang kidal jadi jauh lebih kreatif dibanding orang-orang yang biasa menggunakan tangan kanan. Otak kiri fungsinya mengatur hal-hal yang berhubungan dengan logika, sedangkan otak kanan mengatur hal-hal yang abstrak seperti seni, bahasa, musik, dan emosi. Itulah sebabnya, orang-orang yang kidal biasanya mahir menggambar. Jadi, tidak heran kalau banyak musisi, pelukis, aktor, dan seniman yang bertangan kidal. Akibat otak kanan lebih dominan, anak-anak yang kidal juga biasanya punya daya khayal dan imajinasi yang tinggi, yang bikin mereka jadi lebih kreatif dibanding anak-anak bertangan kanan.


Dan, akhirnya aku menemukannya, tipa tiba keika membuka pemberitahuan di facebook ada yang menyebut namaku dan dia adalah Hayenita Oktavia dan ternyata dia kidal juga hehehe.. dan gak boleh di sia siakan.... dan ini obrolan kita hehehe.. 


Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia Mas wid gak tertarik menulis topik kidal mas? Widodo Groho Triatmojo
Batal Suka · Balas · 1 · 15 jam
Sembunyikan 35 Balasan
Widodo Groho Triatmojo
Widodo Groho Triatmojo Bingung nyari celahnya mba, udah lama pingin nulis kecerdasan orang kidal namun kurang data. Kalau kidal kan berarti otak kanannya aktif ya
Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia iya mas, data terbanyak aku lihat di blog baru mencapai 30 kecerdasan mas
Widodo Groho Triatmojo
Widodo Groho Triatmojo Sepertinya bisa lebih mba, maka aku latihan kidal
Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia wah aku gak perlu latihan mas, untuk kali ini merasa istimewa
Widodo Groho Triatmojo
Widodo Groho Triatmojo Wah kidal juga ya, selamat deh
Suka · Balas · 1 · 14 jam
Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia hehe iya mas
Widodo Groho Triatmojo
Widodo Groho Triatmojo Nulis pakai tangan kiri juga ya mba
Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia iya mas, main badminton juga pakai tangan kiri mas
Widodo Groho Triatmojo
Widodo Groho Triatmojo Menarik neh hehehe...
mulai sadar kalau kidal usia berapa mba
Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia udah bisa merangkak kata orang rumah mas
Widodo Groho Triatmojo
Widodo Groho Triatmojo Berarti dulu tiap pegang mainan tangan kiri ya mba, dalam keluarga satu satunya atau bapak/ibu ada juga mba
Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia di keluarga gak ada yang kidal mas kecuali saya
Widodo Groho Triatmojo
Widodo Groho Triatmojo Oh berarti gen baru ya mba...

Seharusnya kan kalau otak kanan aktif itu kreatif ya mba, mba sendiri merasa engga
Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia masalah keratif sepertinya ada mas, contohnya melukis dengan cat minyak, pokonya di bidang seni adalah mas
Hayenita Oktavia
Hayenita Oktavia tapi gak terlalu juga mas, adalah sedikit-sedikit
Widodo Groho Triatmojo
Widodo Groho Triatmojo Coba aku pingin lihat lukisannya pacman emotikon

Cepat menemukan jalan keluar juga kalau ada kendala ya mba
Hayenita Oktavia

Dan ini gambar hasil olah tangan kidal mba Hayenita Octavia




Mengutip situs Experiencing Life Foundation Beberapa anak yang memiliki keterampilan di tangan kiri yang lebih berkembang, seringkali dipaksa untuk mengubah kebiasaannya oleh orangtuanya agar sesuai dengan ekspektasi budaya. Padahal, beberapa orang memang terlahir kidal – dan kidal sama sekali bukan merupakan gangguan fisiologis maupun psikologis. Sebaliknya, justru banyak orang sukses dan berpengaruh dalam sejarah dunia ialah orang kidal.

Statistik menunjukkan populasi orang kidal di dunia ialah sekitar 10%, dimana lelaki kidal sedikit lebih banyak daripada perempuan kidal. Tentang penyebab seseorang kidal, tidak ada teori yang dapat menjelaskannya. Namun beberapa argumen menyebutkan bahwa faktor genetik dan lingkungan sama-sama memainkan peran yang cukup signifikan dalam membuat seseorang kidal. Orang kidal juga sering dianggap memiliki tingkat kecerdasan rata-rata. Benjamin Franklin, Julius Caesar, Bill gates, Marilyn Monroe, Oprah Winfrey, dan masih banyak lagi nama-nama terkenal yang kidal.


Sekalipun populasi orang kidal hanya 10% dari penduduk dunia, orang kidal diprediksi tidak akan mengalami kepunahan. Jika dikaitkan dengan teori survival of the fittest, dimana seseorang akan berusaha berjuang demi tetap bertahan, orang kidal memiliki keunggulan karena dapat menyusun ‘strategi’ untuk bertahan dengan cara-cara yang berbeda dengan 90% orang lainnya. Orang yang kidal menggunakan kapasitas belahan otak kanan lebih dominan dibandingkan dengan otak kirinya, sehingga memungkinkan dirinya untuk melihat dari perspektif yang berbeda, lebih mampu berpikir kreatif, dan memiliki apresiasi yang lebih besar terhadap seni.


Berikut ini beberapa fakta mengenai orang kidal yang dikumpulkan dari berbagai referensi:

  1. Hari Orang Kidal sedunia diperingati setiap tanggal 13 Agustus, diinisiasi pada tahun 1992 oleh Left-Handers Club.
  2. Sejak manusia purba (yakni sejak sekitar 500.000 tahun yang lalu), jumlah orang kidal selalu menjadi minoritas.
  3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20% penderita skizofrenia adalah orang kidal. Orang kidal juga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap gangguan diseleksia, ADHD, dan beberapa jenis gangguan mood. Akan tetapi, orang kidal memiliki risiko artritis dan usus buntu yang lebih kecil.
  4. Orang kidal memiliki kemampuan yang lebih baik untuk berpikir divergen (kreatif), sehingga dikenal sebagai orang yang artistik atau inovatif.
  5. Presiden Obama, dan beberapa mantan presiden Amerika lainnya, yaitu: Bill Clinton, George H.W. Bush, Gerald Ford, James Garfield, Hary Truman, adalah orang kidal. Para ahli menyebutkan bahwa orang kidal mendapat keuntungan saat kampanye. Masyarakat secara umum akan mengasosiasikan sisi kanan dengan ‘baik’ dan sisi kiri dengan ‘buruk’. Ketika orang kidal berkampanye, maka tangan kiri yang diangkat. Namun, saat kampanye, terutama di televisi, akan timbul mirror effect, dimana tangan kiri yang terangkat tersebut menjadi sisi kanan masyarakat yang menontonnya.
  6. Phil Mickelson (atlit golf), Rafael Nadal (atlit tenis), Oscar de la Hoya (atlit tinju), adalah orang-orang kidal. Orang kidal sering mendapat keuntungan saat bertanding dalam cabang olah raga di mana lawan saling berhadapan.
  7. Orang kidal terbukti lebih mudah merasa takut daripada orang yang terbiasa menggunakan bagian tubuh sebelah kanannya. Orang kidal lebih mudah merasa trauma terhadap peristiwa menakutkan yang dialaminya.
  8. Orang kidal juga cenderung lebih rentan mengalami emosi negatif dan lebih sulit mengolah gejolak emosinya.
  9. Orang kidal cenderung takut menghadapi kritikan, takut berbuat kesalahan, dan lebih mudah merasa malu.

Jadi, tidak ada yang salah dengan menjadi kidal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang kidal memiliki keunggulan dalam beberapa hal, walaupun juga mengalami kerentanan dalam beberapa hal lainnya. Yang terpenting ialah karena kidal bukan merupakan ‘gangguan’ atau ‘penyakit’, maka upaya untuk memaksa anak kidal menggunakan tangan kanannya sepertinya tidak perlu dilakukan. Toh, sejarah membuktikan banyak orang jenius yang adalah kidal, dan sekalipun orang kidal terbukti lebih sulit mengendalikan emosinya bukan berarti orang tidak kidal tidak mengalami masalah dalam mengendalikan emosinya, bukan?

“They laugh at me because I am different. I laugh at you because you’re all the same.”
– Jonathan Davis
 
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Kidal Dan Kecerdasan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers