Pin It

14 July 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 10:19

Keanekaragaman Suku, Bangsa dan Agama Dalam Keluarga Besarku

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk karena terdiri atas berbagai suku bangsa, adat istiadat, bahasa daerah, serta agama yang berbeda-beda. Setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai kebiasaan hidup yang berbeda-beda.

Keanekaragaman Suku, Bangsa dan Agama Dalam Keluarga Besarku

Kebiasaan hidup itu menjadi budaya serta ciri khas suku bangsa tertentu. Namun demi persatuan dan kesatuan, kita menyadari dan menghargai keanekaragaman tersebut. Dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, kita jadikan keragaman suku bangsa dan budaya sebagai salah satu modal. Keluarga besarku merupakan gambaran kecil Indonesia, benar-benar Bhineka Tunggal Ika. Ragam suku dan agama berkumpul bersama setiap lebaran. Ada Jawa, Sunda, Betawi Ambon, Batak, turunan China dan turunan Arab, Sayang lebaran kali ini minus keluarga om yang keturunan  Jepang..... Keluarga besarku benar-benar Bhineka dalam Ika, Ika dalam kebinekaan....


Kita sebagai bangsa Indonesia memang harus bersatu padu agar manjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh dan saya berunttung karena keluarga besar saya telah menggambarkan Indonesia yang beragam. Untuk dapat bersatu kita harus memiliki pedoman yang dapat menyeragamkan pandangan kita dan tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, akan terjadi persamaan langkah dan tingkah laku bangsa Indonesia. Pedoman tersebut adalah Pancasila, kita harus dapat meningkatkan rasa persaudaraan dengan berbagai suku bangsa di Indonesia.

Dari keluarga besar yang beragam suku dan keyakinan kita bisa merasakan memang perbedaan itu indah seperti Indonesia yang banyak sekali perbedaan dari masing2 daerah tapi tetap satu jua. Semoga perbedaan ini bisa menjadi kekuatan besar untuk menjadi Indonesia negara yang besar.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers