Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

28 May 2017

Melania Trump Tidak Memakai Kerudung Di Saudi Arabia Namun Berkerudung Saat Di Vatikan

Bila kita menyimak berita baik di media cetak maupun di TV dan berita online, baru-baru ini presiden Amerika Serikat beserta istri, Melania Trump baru saja mengunjungi Vatikan dan sebelumnya pernah mengunhungi Saudi Arabia. Nah, ada yang menarik dari momentum tersebut. Mengutip dari The Week pada Rabu (24/5/2017), Melania Trump tidak memakai kerudung saat di Arab Saudi. Namun Melania Trump mengenakan kerudung saat berada di Vatikan. Berikut foto Melania Trump bersama Saudi Deputy Crown Prince Muhammad bin Nayef bin Abdulaziz al-Saud yang fotonya saya ambil dari AFP.


Sama halnya anak tiri Melania, Ivanka Trump, ia tidak memakai penutup kepala saat di Arab Saudi. Namun, mengikuti gaya First Lady, istri Jared Kushner yang telah pindah kepercayaan memeluk Orthodoks Yudaisme.

Presiden Donald Trump bersama Melania Trump mengunjungi Paus Fransiskus di Vatikan, Selasa (23/5). Trump berdiskusi dengan Paus mengenai sejumlah isu dari soal migran sampai kapitalisme tak terkendali dan perubahan iklim. Nah, Tak Seperti di Saudi, Melania Pakai Kerudung saat di Vatikan. Saat di Arab Saudi di mana peraturan perempuan harus memakai penutup kepala, Melania memutuskan untuk tampil seperti para pendahulunya: tak memakai abaya dan hijab. Namun, di Vatikan, ia justru memakai mantilla, selendang brokat penutup rambut untuk perempuan Katolik.


Padahal mantilla tak wajib dipakai. Kalaupun digunakan, biasanya dikenakan saat menghadiri misa di gereja dan itupun tidak wajib sama sekali. menggunakan mantilla di kepalanya. Kunjungan ke Vatikan adalah bagian dari perjalanan perdana Donald Trump ke luar negeri sebagai Presiden AS semenjak ia dilantik pada Januari 2017. Setelah dari Vatikan, Trump akan bertolak ke Brussels, Belgia.

Beda Protokoler Saudi Arabia Dan Vatikan

Memang aturan protokoler di Arab Saudi, pejabat perempuan asing tak diharuskan menutup kepala mereka dan hanya yang berkewarganegaraan Arab Saudi yang diwajibkan. Mengutip dari CNN, Gedung Putih menjelaskan perbedaan pilihan berbusana saat Melania Trump mengunjungi Arab Saudi dan Vatikan.

"Perempuan yang bertemu dengan Paus diminta mengenakan baju formal lengan panjang berwarna hitam, dan kerudung penutup kepala," ujar seorang juru bicara Gedung Putih.

Mengutip The Daily Telegraph, "Sejumlah hal lebih longgar dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada peraturan yang keras," kata seorang juru bicara Vatikan kepada The Daily Telegraph.

Vatikan sendiri telah berbicara soal protokol berpakaian ke kantor Melania di Gedung Putih. Namun permintaan seperti itu tidak dilakukan oleh Arab Saudi.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Melania Trump Tidak Memakai Kerudung Di Saudi Arabia Namun Berkerudung Saat Di Vatikan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers