Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

03 May 2017

Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciloto Dalam 5 Tahun Terakhir

Tulisan di siang ini saya akan mengupas beberapa kecelakaan yang menimpa bus pariwisata di jalur Puncak. Kewaspadaan ekstra tinggi wajib ditingkatkan jika anda melintas di jalur Bogor-Cianjur, khususnya di desa Ciloto, Cipanas, Cianjur. Ya, Jalur Ciloto memang bahaya, Jalur Ciloto ini terletak sekitar 25 km dari pusat kota Cianjur dan 30 km dari pusat kota Bogor. Seperti Minggu (30/4) kemarin, sekitar pukul 10.30 WIB sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan fatal di sini. Korban tewas mencapai 13 orang dan puluhan lainnya luka-luka. Kecelakaan yang melibatkan sembilan kendaraan itu berawal dari bus pariwisata. Saat itu, arus lalu lintas saat itu sedang diberlakukan One Way arah Cianjur, sementara arah sebaliknya sedang ditutup.

Kecelakaan

Semua pasti menduga sopir bus itu ugal-ugalan, namun sebenernya tidak begitu. Penyebab utama kecelakaan bus pariwisata tersebut adalah karema remnya blong. Akibat rem blong, bus menabrak beberapa kendaraan di kedua lajur.

Saat itu kondektur bus memberi peringatan melalui jendela kepada pengguna jalan lain jika rem bus blong. Kondektur juga memberi tahu penumpang. Kondektur memberitahu penumpang di belakang agar mereka siap-siap menghadapi segala kemungkinan. Bus melaju zigzag dan menabrak 10 kendaraan yang ada di depannya. Setelah itu bus oleng dan menyeret beberapa kendaraan dari arah berlawanan. Sebuah warung kopi milik Subarna juga turut disambar. Sesampainya di tikungan rumah makan Bumi Aki kondisi jalan turun dan tikungan tajam sehingga lepas kendali dan menabrak mobil yang sedang macet dari Cianjur menuju Bogor.

Berikut beberapa kecelakaan bus pariwisata yang pernah terjadi di jalur Ciloto Puncak-Cianjur, Cianjur, Jawa Barat dalam 5 tahun terakhir.

Februari 2013

Februari 2013, Bus Pariwisata Mega Mustika yang berpenumpang 75 orang melaju dari arah Bogor ke Cianjur sekitar pukul 11.30 WIB. Pada saat melintas di Jalan Raya Ciloto tepat di daerah Turangga atau rumah makan Bumi Aki kendaraan tersebut menabrak tebing. Diduga sang sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraan akibat rem blong saat jalan berkelok dan menurun. Akibatnya 12 orang meninggal dunia.

Agustus 2013

Sabtu (17/8/2013) sekitar pukul 11.20 WIB kembali terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalan. Ciloto Cianjur. Kecelakaan tersebut melibatkan sembilan kendaraan yaitu dua bus, satu mobil, satu truk dan lima sepeda motor. Kronologis kejadian kecelakaan yaitu kendaraan bus pariwisata PT Mandira Erajasa Wahana dengan nomor polisi B 7278 IG dari arah Bogor menuju Cianjur. Diduga rem tidak berfungsi, sehingga menyerempet lima sepeda motor yang sedang dalam kondisi satu jalur, mobil Chevrolet Captiva, truck pasir yang sedang berhenti di pinggir jalan dan Isuzu elf. Akibatnya 3 orang dan 20 orang luka-luka.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciloto Dalam 5 Tahun Terakhir. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers