Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

20 May 2017

Internet Aman Dengan VPN Atau Virtual Private Network

Malam ini saya akan membahas mengenai Virtual Private Network atau VPN. VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik public.

VPV

VPN merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh sebuah komputer, baik PC desktop maupun smartphone yang berhubungan dengan keamanan dalam melakukan akses data dan juga informasi melalui jaringan internet.

Secara singkat, VPN dapat berarti merupakan suatu fitur di dalam sebuah komputer yang dapat memungkinkan anda dapat melakukan pengaksesan informasi di dalam internet secara aman. VPN merupakan salah satu fitur yang mendukung penggunaan internet safe, yaitu keamanan dalam melakukan browsing dan juga surfing, serta kegiatan lainnya yang menggunakan koneksi internet.

Prinsip dan Cara Kerja VPN

Untuk lebih jelasnya mengenai VPN, maka ada baiknya kita memahami terlebih dahulu cara kerja dari fitur virtual private network ini. VPN pada dasarnya bekerja dengan cara melakukan forwarding lalu lintas data yang ada di dalam jaringan internet. Jadi, ketika user mulai melakukan koneksi dengan internet, semua data dan juga arus transmisi yang melewati jaringan internet dapat diakses dengan mudah, tanpa khawatir tidak dapat membuka situs-situs yang diblokir.

Dengan menggunakan VPN, maka user nantinya akan melakukan koneksi dengan internet mirip seperti menggunakan jaringan lokal pribadi, sehingga lebih aman dan juga bisa mengakses banyak situs dari internet.

Fungsi VPN

Setelah user memahami mengenai apa itu VPN atau virtual private network, dan juga bagaimana VPN dapat membantu user untuk melakukan browsing berbagai keperluan di internet, maka sekarang ada baiknya anda dapat mengetahui apa saja fungsi penting dari fitur VPN yang terdapat pada komputer anda.

Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari fitur VPN:

1. Mengamankan transaksi anda ketika sedang terkoneksi dengan jaringan internet.

Anda seorang pebisnis yang sering melakukan transaksi jutaan hingga miliaran per harinya melalui e-banking atau situs forex dan juga saham online? Kalau begitu, VPN sudah pasti merupakan salah satu fitur yang wajib untuk diaktifkan, apalagi ketika anda sedang berada di luar kota dan menggunakan akses internet public, seperti wifi dan juga warnet.

2. VPN dapat menutupi aktivitas browsing yang anda lakukan

Apakah anda merupakan orang yang membutuhkan privasi pada saat melakukan browsing? Ataukah anda membutuhkan privasi, karena konten yang anda gunakan di internet adalah sebuah konten yang sangat penting dan tidak ingin dilihat oleh orang lain?

Disinilah fungsi dari VPN sangat berguna bagi user. VPN dapat membantu untuk menutupi dan menyembunyikan aktivitas internet yang user lakukan.

Jadi history dari apa yang sudah user browsing di internet tidak akan terdeteksi oleh orang lain, sehingga tidak perlu khawatir apabila nanti orang lain yang tidak bertanggung jawab akan mengetahui apa yang user kerjakan. Ini biasanya berkaitan dengan hak cipta.

Dari beberapa fungsi VPN yang sudah disebutkan diatas, maka bisa diambil kesimpulan, bahwa yang merupakan fungsi dan juga manfaat utama dari penggunaan VPN adalah faktor keamanan berinternet. Saat ini ketika sedang melakukan browsing menggunakan internet, sudah bukan rahasia umum lagi banyak penyadapan dan juga pencurian data yang seringkali dilakukan oleh website tertentu. Dengan adanya fitur VPN, maka setiap user yang melakukan browsing di internet, paling tida akan merasa aman, karena kemungkinan untuk pencurian data dan juga segala macam hal yang berhubungan dengan ketidaknyamanan berinternet bisa diminimalisir.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Internet Aman Dengan VPN Atau Virtual Private Network. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers