Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

15 May 2017

Anti Virus Kaspersky Lab Umumkan Deteksi 45.000 Serangan Ransomware WannaCry

Akhir pekan lalu 99 negara di dunia, termasuk Indonesia dibuat panik oleh serangan Ransomware WannaCry. Hanya dalam waktu dua hari, ransomware ini menjangkiti berbagai lini bisnis di negara-negara tersebut. Ya, serangan ransomware yang berhasil menghebohkan dunia baru saja terjadi.

Ini Cara Cegah WannaCry Masuk Komputer

Ransomware bernama WannaCry ini disebut-sebut telah menyerang banyak organisasi di seluruh dunia. Para ahli di Kaspersky Lab telah menganalisis data dan memastikan sub sistem perlindungan milik perusahaan berhasil mendeteksi setidaknya 45 ribu upaya infeksi di 74 negara. Rusia merupakan negara yang paling banyak menjadi sasaran serangan.

Ransomware akan menginfeksi korban dengan memanfaatkan kerentanan Microsoft Windows. Adapun eksploitasi yang digunakan bernama 'Eternal Blue' dan tersedia di internet berkat aksi peretasan yang dilakukan oleh Shadowbrokers pada 14 April 2017. Saat ini, para ahli Kaspersky Lab sedang berusaha untuk mengetahui kemungkinan mendekripsi data yang terkunci karena serangan tersebut. Kendati demikian, perusahaan keamanan siber dan anti-virus asal Rusia tersebut memiliki saran untuk mengurangi risiko terinfeksi.

Ini Cara Cegah WannaCry Masuk Komputer

Langkah pertama adalah memasang patch resmi dari Microsoft yang menutup kerentanan yang digunakan dalam serangan tersebut. Setelahnya pastikan solusi keamanan diaktifkan di seluruh jaringan.

Apabila menggunakan solusi Lab Kaspersky, pastikan solusi yang diaktifkan termasuk fitur System Watcher, yaitu komponen pendeteksi perilaku proaktif. Jalankan proses Critical Scan di solusi Kasperksy Lab untuk mendeteksi kemungkinan infeksi sesegara mungkin.

"Reboot sistem setelah mendeteksi MEM: Trojan.Win64.EquationDrug.gen," tulis Kaspersky dalam keterang resmi di blog mereka yang bisa dibaca di https://blog.kaspersky.com/wannacry-ransomware/16518/ pada Senin (15/5/2017). Terakhir, gunakan layanan Customer-Spesific Threat Intelligence Reporting.

Sebagai informasi, WannaCry masuk melalui toolkit yang disusupkan hacker untuk mengunduh software enkripsi data. Setelah itu malware akan mengenkripsi file dan meminta tebusan dalam Bitcoin untuk membukanya.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Anti Virus Kaspersky Lab Umumkan Deteksi 45.000 Serangan Ransomware WannaCry. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers