Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

29 May 2017

Bisakah Menambah RAM Di Smartphone Android? Bisa, Ini Cara Menambah RAM Pada Smartphone

Suatu hari teman saya bertanya "mas Wid bisakah kita menambah RAM pada smartphone bersistem operasi Android dan bagaimana cara menambah RAM di smartphone?" Tentu saja pertanyaan teman saya tersebut susah dijawab dan harus di runut dari awal mengenai mekanisme RAM dan sistem kerja smartphone.


Apa Itu RAM

Sebelumnya perlu kita ketahui bersama, RAM merupakan salah satu komponen di smartphone yang pada dasarnya tidak bisa diotak-atik. RAM smartphone berbeda dengan memori internal atau ROM, yang bisa ditambah kapasitasnya dengan memasang kartu microSD, bila slot untuk kartu microSD itu tersedia. Kecilnya kapasitas dari RAM ini akan berpengaruh dengan sistem kecepatan kinerja smartphone. Sangat mengesalkan rasanya apabila smartphone mengalami hang dengan kinerja yang lambat.

Hal ini karena penggunaan RAM memiliki peranan yang amat krusial pada sebuah smartphone. Random Access Memory atau dapat pula disebut RAM adalah sebuah komponen yang memiliki tugas menjalankan aplikasi yang sebelumnya bekerja dengan proses komputasi di prosesor.

Kemudian, setelah prosesor tersebut mengolah hasil komputasi data sebuah aplikasi akan diteruskan kepada RAM agar aplikasi dapat ditampilkan. Maka apabila makin banyak aplikasi yang anda jalankan, makin berkurang juga kapasitas RAM. Demikian penjelasan singkat dan cara kerja RAM pada smartphone.

Cara Menambah RAM Android

Kemudian bagaimana cara menambah kapasitas RAM dari HP android tanpa melalukan root? Karena hal ini berkaitan dengan RAM dengan kapasitas yang kecil yang menyulitkan bagi sebagian orang, tentunya mempunyai tips dan jalan keluar sendiri. Oleh sebab itu, dalam tulisan kali ini saya bagi tips bagaimana cara menambah kapasitas RAM pada hp android anda yang kecil.

Saat ini sejumlah pengembang aplikasi menyediakan berbagai tutorial dan aplikasi cara "menambah" kapasitas RAM dengan memanfaatkan kartu microSD. Misal kita ambil contoh aplikasi RAM Expander dari ROEHSOFT yang bisa kita download di Google Play. Nah, ROEHSOFT mengklaim aplikasi buatannyanya mampu "menambah" kapasitas RAM hingga 4GB. Tentunya cara ini mengandung risiko. Sang pengembang aplikasi juga menegaskan bahwa pihaknya tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun yang mungkin saja terjadi dari penggunaan aplikasi ini.

Metode "menambah" kapasitas RAM ini mirip dengan metode "menambah" kapasitas memori internal dengan menggunakan kartu microSD dan aplikasi Link 2SD yang sempat populer beberapa tahun lalu. Menurut pengalaman pada saat itu di Samsung Galaxy Young, spesifikasi dari kartu microSD yang akan kita pakai sangat berpengaruh. Misal jika kita menggunakan microSD merek A kelas 4 dan microSD merek A kelas 10. Hasilnya performa kartu microSD merek A kelas 10 lebih baik. Bicara soal daya tahan, belum bisa dipastikan kartu microSD akan mampu bertahan berapa lama, tetapi yang jelas, masa pakainya akan jauh lebih pendek ketimbang digunakan untuk media penyimpanan saja.

Logikanya, kartu microSD memang dirancang dan dibuat untuk media penyimpanan. Ketika digunakan untuk "menambah" kapasitas RAM atau memori internal, kartu microSD "dipaksa" untuk bekerja lebih keras dari yang semestinya. Oleh karena itu pula, jika memang ingin mencoba metode ini, sebaiknya membeli kartu microSD dari merek ternama minimal kelas 10 dengan kecepatan tinggi. Jangan lupa memerhatikan secara saksama langkah-langkah di tutorial yang ditentukan oleh pengembang untuk meminimalisasi risiko.

Bagi yang penasaran silahkan anda coba sendiri, Kalau sekadar untuk coba-coba, menambah pengalaman, dan menghilangkan penasaran, kita bisa mencari tutorialnya di Google dan menjajalnya di smartphone Android lama yang sudah tidak terpakai.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Bisakah Menambah RAM Di Smartphone Android? Bisa, Ini Cara Menambah RAM Pada Smartphone. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers