Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

27 February 2017

Potret Kemacetan Jalan Purwokerto Tegal Di Lokasi Pembetonan Jalan Tonjong - Linggapura

Sudah sejak Januari 2017 jalan utama di Kecamatan Tonjong, Brebes yang menghubungkan Tegal-Purwokerto sudah lama mengalami kerusakan parah. Akibatnya, antrean kendaraan bisa mengular sekitar lima kilometer, mulai dari wilayah Karangsawah ke arah selatan hingga Jembatan Sungai Glagah. Kondisi tersebut diperparah dengan adanya sejumlah kendaraan besar seperti truck yang mengalami kerusakan maupun terguling akibat menerabas lubang. Kalau sudah ada kejadian truck terguling di sekitar Tonjong dan Linggapura maka lalu lintas bisa macet hingga 15 jam seperti yang saya alami. Dan berikut potret kemacetan jalan di ruas Purwokero - Tegal tepatnya di Tonjong dan Linggapura yang berhasil saya dokumentasikan.


Jalan yang rusak di antaranya di ruas Prupuk, Kabupaten Tegal, tepatnya di sekitar underpass. Lapisan aspal di ruas tersebut hampir tak terlihat. Setelah diguyur hujan, tampak ruas tersebut seperti kubangan lumpur. Lubang dengan diameter lebih dari satu meter menganga dan bertebaran dimana-mana. Di ruas Tonjong Kabupaten Brebes, lubang-lubang besar mendominasi di lajur sebelah timur. Bahkan banyak titik yang aspalnya mengelupas. Adapun di ruas Linggapura, meski jumlah tidak terlalu banyak, namun, lubangnya cukup dalam sekitar 20-30 sentimeter. Lubang-lubang itu tersamar oleh genangan air ketika hujan turun.
 
Tonjong memang mengalami kerusakan yang sangat parah, bahkan dalam pengamatan saya dari semua jalan di Jawa Tengah yang saya lewati, kerusakan terparah memang di Tonjong dan Linggapura. Dan ini foto jalan di Tonjong yang mengalami kerusakan sangat parah.

 


Jalur tengah Jateng ruas Tegal-Purwokerto ini memang rawan dilewati kendaraan berat macam truck. Sebab kondisi jalan yang penuh tanjakan, turunan dan kelokan apalagi diperparah dengan kerusakan parah seperti saat ini. Hampir setiap hari selalu ada kejadian truk mogok, terperosok bahkan terguling. Saya akui memang para sopir truk tak punya pilihan lain. Sebab jalan Tegal-Purwokerto adalah jalur terdekat yang menghubungkan wilayah Pantura dengan selatan. 



Saat ini jalan Tonjong sudah mulai diperbaiki dengan pembetonan. Dan setiap melewati lokasi pembetonan di Tonjong selalu ingat kejadian pada Jumat (20/1/2017). Saat itu warga melakukan demo jalan rusak dijalan raya Tonjong Bumiayu.


Perbaikan jalan di Jalur Tegal-Purwokerto tepatnya di ruas Prupuk hingga Tonjong memang terus dikebut. Perbaikan dengan pembetonan tersebut memakan sebagian badan jalan dan menyebabkan arus lalu lintas di ruas tersebut tersendat dan bisa macet total saat jam sibuk terutama jam melintasnya bus malam. Dan Video Buka Tutup Jalur Di Tonjong bisa dilihat di sini 






Nah itulah foto-foto kemacetan lalu lintas di tonjong yang berhasil saya dokumentasikan. Dampak dari kemacetan ini, ratusan truk pengangkut berbagai kebutuhan dan juga bus tertahan di wilayah Tonjong. Sementara kendaran pribadi yang mencoba melalui jalur alternatif Kutamendala-Purwodadi-Linggapura, juga terjebak kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang sama-sama menggunakan jalur tersebut. Beruntung, Polisi bertugas dengan baik dan sigap mengatur lalu lintas. Selain melakukan pengaturan lalu lintas, polisi juga mengerahkan satu unit kendaraan derek untuk mengevakuasi kendaraan yang mogok. Sebab, lubang dari kerusakan jalan sangat parah sehingga mempermudah pengguna jalan untuk melintas.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Potret Kemacetan Jalan Purwokerto Tegal Di Lokasi Pembetonan Jalan Tonjong - Linggapura. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers