Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

10 February 2017

Nokia P1, Smartphone Tangguh Nokia Dengan Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM 6GB

Akhir-akhir ini sudah ramai pemberitaan mengenai bangkitnya Nokia. Kabarnya, Nokia akan 'comeback' ke kancah industri smartphone pada tahun ini. Bahkan salah satu smartphone andalannya, Nokia 6, sudah diumumkan di China. Nah, calon flagship tangguh dari Nokia akan berkompetisi dengan banyak flagship pabrikan lain dengan merilis Nokia P1. Belum banyak yang bisa digali dari adanya Nokia P1 ini.


Digadang-gadang sebagai smartphone kelas premium, spesifikasi yang dihadirkan Nokia P1 tidak main-main. Smartphone ini kembali menampakan dirinya setelah beberapa waktu lalu sempat muncul foto prototypenya. Citra Nokia P1 bocor di Rusia dengan tampilan yang menawan. Bahkan perangkat ini disebut-sebut telah mengadopsi tampilan desain Sharp Aquos Xx3. Berdasarkan rumor terbaru, Nokia P1 dikabarkan hadir dengan layar berukuran 5.3 inci berteknologi IGZO display.

Berikut empat fakta tentang berbagai rumor Nokia P1.

1. Desain mewah khas Nokia

Nokia kini sedang berada pada fase baru, yakni era Nokia yang berjalan dengan sistem operasi Android. Tentu dengan ini, desain juga akan sangat berbeda dengan sebelumnya.

Nokia P1 akan mengusung bodi full metal, yang melengkung di bagian sudutnya, serupa dengan berbagai smartphone kebanyakan. Dalam video yang muncul di China, perangkat ini akan mengusung layar 5.3 inci dengan proteksi Gorilla Glass 5. Hal ini akan membuat layar lebih tahan terhadap gores meski jatuh dan terseret. Nokia P1 juga dilengkapi sertifikasi IP57 yang melambangkan proteksi debu dan air.

Di bawah tombol home yang masih ada secara fisik, akan disematkan fingerprint sensor yang akan memberi keamanan dan mempermudah untuk masuk dari perangkat yang dikunci.

2. Fitur kualitas Flagship

Nokia P1 akan jadi perangkat yang langsung mengusung Android 7.0 Nougat dari kardusnya. Dengan ini, pengguna Nokia P1 akan mendapat berbagai fitur menarik Nougat seperti multi window, keamanan internet yang lebih kokoh, ketahanan baterai yang lebih baik, serta berbagai emoji baru.

Untuk kamera, Nokia P1 akan mengusung kamera buatan Carl Zeiss dengan resolusi 22.6 MP. Tentu ini akan jadi salah satu kamera dengan resolusi tertinggi yang disematkan ke smartphone. Fitur lainnya adalah digunakannya port USB-C dan 3.5mm headphone jack.

3. Prosesor Tangguh

Kabarnya, Nokia P1 akan jadi smartphone paling kuat yang pernah diciptakan Nokia. Dalam berbagai rumor, Nokia P1 digadang-gadang akan mengusung prosesor Snapdragon 835, yang tentu adalah chipset terkuat saat ini. Belum ada smartphone yang mengusungnya untuk saat ini. Chipset gahar ini akan dipadu dengan RAM sebesar 6GB, serta storage 128 GB atau 256 GB. Baterai pun jadi keunggulan, dengan mengusung kapasitas baterai sebesar 3.500mAh.

4. Harga Smartphone Nokia P1

Dirumorkan, Nokia P1 akan diluncurkan pada acara Mobile World Congress 2017 di Barcelona pada 26 Februari mendatang. Sayang tak ada informasi konkret tentang harga dari Nokia P1. Namun diperkirakan, harganya akan berada di sekitaran flagship Android seperti Samsung Galaxy S7 atau Google Pixel. Namun Nokia punya kecenderungan 'overprice' karena memang dikenal mengusung desain mewah, hardware berkualitas papan atas, dan performa kerja yang baik. Jadi, kira-kira Nokia P1 akan dibanderol dengan harga 8,3 Juta Rupiah hingga 10 Juta Rupiah. Kemungkinan Nokia P1 akan dijual di China terlebih dahulu, seperti Android pendahulunya, Nokia 6.

Perkiraan Spesifikasi Nokia P1:

Layar: 5.3-inch (1920 × 1080 pixels) Full HD Sharp IGZO 120Hz display with Corning Gorilla Glass protection

Chipset: Octa-Core Snapdragon 835 processor with Adreno 540 GPU

RAM / ROM: 6GB , 128GB / 256GB internal memory, expandable memory up to 256GB with microSD

OS: Android 7.0 (Nougat)

Kamera: 22.6MP rear camera with dual-tone LED Flash, Carl ZEISS optics, 4K Video recording; Front-facing camera

Fitur Tambahan: IP55 / IP57 ratings for dust and water resistance, Ultrasonic fingerprint sensor

Konektivitas: 4G LTE, dual-band Wi-Fi 802.11ac (MIMO), Bluetooth 4.2 LE, GPS

Baterai: 3500mAh battery with Quick Charge 4

Sumber Fonearena
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Nokia P1, Smartphone Tangguh Nokia Dengan Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM 6GB. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers