Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

06 February 2017

Tips Mengatasi Lampu Check Engine Isuzu Giga Menyala Terus Menerus

Seminggu lalu rekan saya, pakdhe Joko Londo menelfon saya karena lampu indikator check engine atau MIL (Malfunction Indicator Light) menyala terus menerus dan tidak mau padam ketika akan berangkat ke Buleleng, Bali menggunakan truck Isuzu Giga. Saya pun menjawab santai saja pakdhe, tidak usah panik selama mesin tidak pincang hanya masalah ringan.


Apa itu lampu check engine atau MIL? MIL ini berupa lampu kuning bergambar Profil mesin. Normalnya lampu ini akan menyala ketika kontak pada posisi on, kemudian akan segera padam ketika mesin sudah menyala. DTC muncul menandakan ada trouble pada mesin anda baik itu masalah kecil, ringan hingga besar. Bagaimana cara mengetahui kode error apa yang hendak di tunjukkan oleh Lampu DTC tersebut ? apanya yang rusak? Bagamana mengatasi lampu check engine menyala?

Kemungkinan penyebab lampu check engine menyala sangat banyak yaitu sekering putus, kabel speedometer putus, Kabel Sensor Intake, Throtle Position Sensor, Idle speed controller, MAP sensor, sensor oxygen semua dapat menyebabkan Lampu DTC nyala. Kerusakan Injector juga menyalakan Lampu DTC dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui persis kerusakan yang terjadi, Anda harus datang ke bengkel yang memiliki scanner atau bengkel resmi. Setelah dihubungkan ke ECU, pemindai akan menginformasikan bagian mana yang bermasalah dan memicu lampu check engine menyala.

Namun anda tidak perlu khawatir, ternyata lampu check engine bisa salah duga dan menyala hanya karena sebuah gangguan ringan. Misalnya sambungan kelistrikan longgar akibat mobil terkena guncangan. Untuk masalah yang satu ini yang mesti dilakukan adalah segera menepi, dan matikan mesin. Setelah itu nyalakan lagi mesin, dan lihat apakah lampu masih menyala. Bila lampu mati, maka Anda tak perlu khawatir untuk meneruskan perjalanan.

Berdasarkan pengalaman dengan truck Isuzu Giga, MIL tidak selalu menginformasikan kerusakan fatal pada mesin atau sistem elektronik lainnya. Bisa saja karena soket kendor, kemasukan air, kabel terputus, sensor rusak atau bahkan ECU mengalami sedikit kerusakan. Namun bisa juga disebabkan oleh parts lain tidak terpasang dengan benar. Seperti tutup bahan bakar dan boks saringan udara tidak tertutup rapat.

Tips Mengatasi Lampu Check Engine Menyala

Tips mengatasi lampu check engine menyala tanpa bantuan alat engine diagnostic atau scanner yakni pastikan semua soket sensor terpasang sempurna, jika perlu melakukan cabut pasang, lakukan sampai terdengar bunyi klik. Perhatikan juga kabel-kabelnya, apakah ada yang terputus atau tidak.

Jika di kabel maupun sensor terdapat banyak air, maka harus dikeringkan terlebih dahulu. Cara manual tentu tiup dengan mulut atau dilap dengan tissue. Namun jika banyak terdapat tumpukan kotoran di sensor, sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus barang elektronik atau yang sering disebut dengan contact cleaner. Dan terbukti, truck pakdhe Joko tidak mengalami masalah dan lampu check engine pun akhirnya padam.

Namun bila ada perbedaan pada mesin ketika MIL menyala. Misalnya, ada gejala mesin pincang sebaiknya sesegera mungkin mengubungi bengkel resmi.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Mengatasi Lampu Check Engine Isuzu Giga Menyala Terus Menerus . Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers