Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

01 February 2017

Potensi Wisata Jurug Hargorojo Dan Gunung Agung Bagelen, Purworejo

Catatan kali ini saya akan membahas potensi wisata alam dari Curug Hargorojo hingga gunung Agung di Bagelen, Purworejo. Namun sebelumnya saya akan mengajak anda untuk mengenal Bagelen dalam catatan sejarah. Dari hasil browsing, Bagelen merupakan pusat pengembangan agama Syiwa Buddha (Tantra) di Jawa Tengah sejak kerajaan Galuh-Tarumanegara. Pada jaman itu, Bagelen atau Purworejo adalah tempat biksu tinggal dan bertapa. Bahkan urat nadi kabupaten ini adalah sungai yang bernama Bagawanta, yang berasal dari kata Begawan, karena konon di sepanjang tepi sungai inilah para biksu bermukim.


Nah, Hargorojo adalah sebuah desa di kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah. Purworejo (Bagelen) seperti telah saya tulis diatas merupakan pusat Tantra di Jawa Tengah pada masa keemasan Syiwa Buddha. Menurut sejarah, Kadipaten Bagelen diserahkan kepada Hindia-Belanda oleh pihak Kesultanan Yogyakarta setelah Perang Diponegoro berakhir. Untuk memutus jati diri Bagelen sebagai daerah yang kuat, wilayah ini dalam kekuasaan Belanda diciutkan menjadi hanya kabupaten dalam Karesidenan Kedu. Belanda kemudian menamainya dengan Purworejo.

Curug Hargorojo

Sesuai namanya, curug Hargorojo berada di Desa Hargorojo, Bagelen, Purworejo. Untuk menuju pusat air mengalir, jalanan sedikit menurun dan licin. Saat kesana kita harus menyempatkan diri untuk memotret indahnya jurug yang berada di Desa Hargorojo ini dan menurutku tempat ini layak menjadi destinasi wisata kalau dikelola dengan benar. Terlebih jika wisatawan juga ingin mengunjungi gunung Agung. Jadi wisatawan bisa sekalian mampir di jurug ini. Inilah foto curug yang berada di Desa Hargorojo, Bagelen, Purworejo.


Nah, saat kita berkunjung ke curug Hargorojo bila menatap keatas kita dapat melihat pemandangan di sekitar gunung Agung, di bawah dapat berenang dan menikmati segarnya air sungai Hargorojo. Benar-benar sebuah anugrah Tuhan yang diberikan kepada kita, yaitu alam yang begitu indah dan dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar curug Hargorojo.

Gunung Agung

Setelah diatas membahas curug Hargorojo, kini beralih ke gunung Agung. Gunung Agung terletak di perbatasan antara dusun Ngargo Hargorojo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah dan dusun Plampang 1 Kalirejo Kokap Kulonprogo DIY. Tempat ini masuk kawasan pegunungan Menoreh, yang memiliki panorama keindahan alam yang masih asri.


Pegunungan Menoreh sendiri merupakan kumpulan dari banyak gugusan perbukitan yang di penuhi dengan dataran tinggi, lembah, dan jurang. Di puncak Gunung Agung terhampar pemandangan menakjubkan, ke arah selatan akan terlihat laut selatan dengan deburan ombaknya yang tinggi. Ke arah utara terlihat hamparan perbukitan yang banyak di tumbuhi pepohonan serta hamparan pegunungan seperti Gunung Kukusan yang terlihat lebih dekat dan yang nampak lebih jauh Gunung Sindoro Sumbing akan tampak jelas jika dipagi hari.

Untuk berkunjung ke sini bisa dari pusat kota Purworejo dan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam hingga sampai puncak gunung Agung. Dari alun-alun Purworejo ambil jalan ke arah Jogja, sampai pasar Krendetan jl Jogja-Purworejo km 13, tepatnya di SLTP N17 Krendetan ambil jalan ke desa Somorejo. Dari Somorejo lewati jalan menanjak sampai di dusun Tepus. Dari sini gunung Agung sudah nampak kelihatan. Saat masuk dusun Tepus kita bisa melihat gula semut organik kwalitas ekspor.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Potensi Wisata Jurug Hargorojo Dan Gunung Agung Bagelen, Purworejo. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers