Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

11 February 2017

Mobira Senator, Telepon Pertama Buatan Nokia Dengan Berat 9,8 KG

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan Nokia. Ya, Nokia adalah perusahaan telekomunikasi, internet, dan perangkat lunak komputer yang berasal dari Finlandia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1865 ini terus bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia telekomunikasi dengan terus melakukan inovasi produksi ponsel. Namun yang jarang diketahui orang adalah bagaimana wujud telepon yang pertama kali di bikin oleh Nokia. Nah, tulisan kali ini saya akan mengupas mengenai telepon pertama buatan Nokia yang saya ambil dari berbagai sumber.


Sayang, Semenjak di beli oleh Microsoft, nama Nokia memang perlahan hilang, apalagi brand 'Nokia' yang dipakai di smartphone Lumia sudah mulai ditinggalkan. Akan tetapi, Nokia pernah menjadi pemimpin pasar di kelas ponsel dalan jangka waktu lama berkat ponsel low-entry dan smartphone Symbian-nya. Di tulisan ini saya ungkap telepon pertama yang dibuat oleh perusahaan Finlandia tersebut yang berhasil membawa Nokia kepuncak kesuksesan.

Nokia telah memulai usaha di bidang ponsel terhitung sejak 30 tahun yang lalu. Sebelum terjun secara intens di dunia ponsel, Nokia bergabung dengan sebuah perusahaan elektronik bernama Salora di tahun 1979. Dari kerjasama itulah lahir telepon pertama mereka, Mobira Senator.

Mobira Senator resmi diperjualbelikan sejak tahun 1982 setelah Nokia berhasil menyelesaikannya di tahun 1981. Telepon tersebut juga dianggap sebagai telepon pertama keluaran Finlandia. Sayangnya menggunakan perangkat ini bukanlah perkara yang mudah. Sebab, tidak sama dengan telepon, ponsel, atau smartphone modern yang berukuran mini dan pas di genggaman tangan, Mobira Senator lebih mirip sebuah radio jadul.

Bayangkan saja, bobot dari telepon pertama Nokia ini adalah 9,8 kilogram! Padahal, saat ini telepon dengan lebih dari 300 gram saja sudah dianggap berat dan tidak nyaman dipakai. Yang mungkin akan membuat para penggunanya geleng kepala adalah waktu pengisian daya yang bisa mencapai seharian penuh dan setelahnya Mobira Senator hanya bisa dipakai untuk membuat penggilan satu jam saja!

Versi pertama dari Mobira Senator masih menggunakan sistem analog standar 'NMT-450' yang memakai saluran 450MHz VHF. Telepon tersebut juga tidak ditujukan untuk pemakaian rumahan, melainkan untuk 'ponsel' mobil. Ya, perangkat telepon ini memang didesain se-mobile mungkin, menjadi inspirasi ponsel-ponsel dan smartphone Nokia di masa depan.

Saat ini bukan hal yang mudah untuk menemukan Mobira Senator di pasaran. Bahkan, telepon mobil ini jadi salah satu gadget terlangka di dunia. Hal itu disebabkan oleh umurnya yang sudah sangat tua dan hanya diperdagangkan oleh kolektor saja.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mobira Senator, Telepon Pertama Buatan Nokia Dengan Berat 9,8 KG. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers