Pin It

10 February 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 12:39

Riset Nokia PCS Kembangkan Internet Kecepatan 1 Terabyte Per Second

Potensi besar Nokia di dunia digital selalu saja membuat publik tercengang. Salah satu buktinya adalah eksperimen internet berkecepatan 1000 GB per detik. Seperti ditulis laman NokiaMob.Net yang berjudul "Nokia Bell Labs scored 1Tb-per-second data transfer" dengan link http://nokiamob.net/2016/09/16/nokianetworks-belllabs-scored-1tb-per-second-data-transfer/ Bekerja sama dengan Universitas Teknik Munich dan Deutsche Telkom T-Labs, ilmuwan dari Nokia Bell Labs mengembangkan teknik pemacu kecepatan internet bernama Probabilistic Constellation Shaping (PCS).


Dari uji coba yang sudah dilakukan Nokia, pihaknya mampu meningkatkan kecepatan transfer data internet hingga 1 terabit per detik melalui kabel serat optik. Ini sama dengan 1000 gigabit setiap detiknya! Bisa dibayangkan mengunduh sebuah film Full HD bisa berlangsung kurang dari 5 detik!

Kecepatan internet PCS Nokia ini juga jauh melampai internet cepat cepat Google, Fiber. Saat ini, kecepatann tertinggi Google Fiber adalah 1 gigabit per detik. Artinya internet Nokia PCS 1000 kali lebih cepat dari Google Fiber! Untuk saat ini Nokia hanya melakukan uji coba internet PCS di Jerman.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email