Pin It

01 March 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 05:54

Mengenal VX, Kimia Pemusnah Masal Pembunuh Kim Jong-nam

Beberapa minggu lalu media heboh dengan pembunuhan Kim Jong-nam. Polisi Malaysia mengumumkan bahwa yang digunakan untuk membunuh kakak pemimpin Korea Utara itu adalah VX, yang tergolong zat pemusnah massal yang dilarang PBB. Kim meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit tak lama setelah pertemuan dengan dua perempuan di bandara Kuala Lumpur, 13 Februari itu. Salah satunya adalah Siti Aisyah, warga Indonesia.


Kedua perempuan dituduh menyergapnya, dan mengoleskan zat beracun ke wajahnya dengan kain yang sudah dilumuri zat yang diyakini adalah VX itu.

Inilah sembilan hal yang perlu kita ketahui tentang zat maut itu.

1. Merupakan zat yang jernih, berwana jingga, cairan berminyak yang tak berasa dan tak berbau.

2. Merupakan yang paling mematikan di antara seluruh zat kimia beracun yang digunakan sebagai senjata kimia, 100 kali lebih mematikan ketimbang zat sarin yang pernah digunakan dalam Serangan Tokyo 1995, yang membunuh 12 orang melukai 50 orang dan berdampak terhadap ribuan orang. Satu tetes VX pada kulit kita bisa berakibat fatal. Zat ini bisa membunuh manusia dalam hitungan menit.

3. Cara kerjanya adalah merembes masuk tubuh lewat kulit, dan mengacaukan sistem saraf.

4. Bisa disebarkan dengan semprotan atau uap, atau dengan mencampurkannya ke dalam air, makanan atau produk pertanian.

5. VX bisa diserab tubuh dengan menghisap, menelan, sentuhan kulit, atau sentuhan pada mata.

6. Pakaian, atau kain bisa 'membawa' VX selama sekitar 30 menit sesudah terkena uapnya, dan bisa menjalar pada orang lain.

7. Terkena zat VX dalam dosis kecil atau sedang dengan menghisap, menelan, atau menyerap lewat kulit, bisa menyebabkan gejala seperti hidungmeler, mata perih, pandangan buram, air liur tak terkendali, keringat berlebihan, dada sesak, napas megap-megap, beser -sering buang air kecil, gelisah, mengantuk, lesu, mual, atau muntah-muntah.

8. Nama kimianya yang resmi adalah S-2 Diisoprophylaminoethyl methylphosphonothiolate dan dilarang PBB melalui Konvensi tentang Senjata Kimia tahun 1993.

9. Saddam Hussein pernah pula dituduh menggunakan VX dalam melakukan pembunuhan massal terhadap warga sipil Kurdi dalam serangan di Halabja tahun 1988.

Sumber: CDC, The Wednesday Report
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers