Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

30 December 2016

Penempatan Exhaust Brake Pada Truck Isuzu NPS 75 4x4 Versi Militer

Pada 27 September 2016 lalu Resimen Artileri Medan 2/Sthira Yudha dari Purwakarta, Jawa Barat atau di singkat Resimen Armed 2/Divif 1/Kostrad mengadakan latihan di Dislitbang TNI Setrojenar, Buluspesantren, Kebumen membawa truck Isuzu NPS 150 PS. Seperti biasa mereka selalu lapor ke Koramil Ambal yang letaknya depan rumahku dan membawa serta truck Isuzu NPS 150. Kesempatan ini tidak aku sia-siakan untuk mengabadikan truck CBU asal Jepang ini. Nah saat saya memotret bagian per bagian dari truck Isuzu NPS 75 4X4 versi militer ini ada yang aneh, yakni penempatan tabung Exhaust Brake ini ada pada tabung knalpot di depan pipa fleksibel knalpot.


Lalu seperti apa wujud truck Isuzu NPS 75 4X4? Berikut fotto truck Isuzu NPS 75 4X4


Apa Itu Exhaust Brake?

Sesuai namanya Exhaust Brake adalah Rem Knalpot? Ya Rem yang diperoleh dari menutup lubang knalpot. Exhaust Brake biasanya diaplikasikan pada mesin diesel dengan menutup jalan buang dari mesin, menyebabkan gas buang yang akan dikompresi dalam exhaust manifold, dan silinder. Karena knalpot yang dikompresi, dan tidak ada bahan bakar yang dibakar, putaran mesin akan terhambat yang pada akhirnya akan memperlambat kendaraan. Jumlah torsi negatif yang dihasilkan biasanya berbanding lurus dengan tekanan balik dari mesin. 

Mengapa Exhaust Brake Isuzu NPS 75 Ada Di Pipa Knalpot? 

Exhaust Brake truck Isuzu NPS bentuknya sedikit beda karena sudah pakai sistem electro-pneumatic butterfly-valve exhaust brake. Dengan sistem electro-pneumatic butterfly-valve exhaust brake memungkinkan tabung exhaust brake dipasang pada pipa knalpot di depan pipa fleksibel. 

Mungkin ada yang bertanya, mengapa Rem Exhaust Brake banyak diaplikasikan pada mesin diesel? Ya Karena mesin diesel tidak memiliki katup throttle pada intake manifold, tidak ada vacuum intake saat mesin tidak menggunakan bahan bakar. Tentu bagi anda yang pernah memakai mesin diesel dan mesin bensin akan merasakan perbedaaannya pada waktu anda melepas gas misalnya waktu anda menuruni jalanan menurun, pada mesin bensin engine brake akan terasa sedangkan pada mesin diesel akan lebih nyelonong bukan. Sayangnya Exhaust Brake sering disalah artikan menjadi Rem Angin pada sebagian Besar Orang, Padahal Rem Angin dan Exhaust Brake adalah sesuatu yang berbeda, walau sama sama memanfaatkan angin (Gas) sebagai medianya.

Cara Kerja Exhaust Brake

Ketika Mesin melepaskan udara terkompresi melalui katup buang, tapi dengan saluran gas buang pada knalpot dihambat maka hasil kompresi didalam ruang bakarpun akan terhambat untuk dibuang sehingga akan menghasilkan Gaya yang pada akhirnya memperlambat rotasi poros engkol, yang kemudian mengurangi kecepatan kendaraan.




Dengan sistem kerja seperti itu maka pada umumnya Exhaust brake biasanya dipasang pada sisi outlet dari turbocharger yang akan menghambat kemampuan mesin untuk mendorong keluar sisa gas buang hasil kompresi. Sebuah katup kupu-kupu akan tetap terbuka sampai ketika Rem diaktifkan. Kemudian menutup dan membatasi aliran knalpot dengan menjaganya agar tetap dalam silinder. Hal ini menyebabkan piston untuk sementara memaksa kompresi, yang menyerap energi.
Nah, exhaust brake pada truck Isuzu NPS ini agak beda penempatannya.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Penempatan Exhaust Brake Pada Truck Isuzu NPS 75 4x4 Versi Militer. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers