Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

10 December 2016

Mengenal Sistem Suspensi Tipe Trunnion Pada Truck Tronton

Sore ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai Sistem Suspensi Tipe Trunnion Pada Truck Tronton. Kita harus memahami apa yang namanya trunnion shaft dan offset. Sebagai informasi dasar bahwa sistem suspensi tipe trunnion shaft. Sistem suspensi ini biasanya digunakan untuk truk dengan dua rear axle atau dalam bahasa mudahnya tronton. Dengan menggunakan suspensi belakang model trunnion ganda, sangat efektif saat kendaraan dikemudikan pada tanah yang tidak rata atau dalam kondisi muatan berat.

Mengenal Sistem Suspensi Tipe Trunnion Pada Truck Tronton

Trunnion shaft dipasang pada frame melalui trunnion bracket. Leaf spring dipasang pada trunnion shaft yang di-mounting menggunakan U-bolts. Leaf spring terletak diantara front rear axle dan rear rear axle yang menyangga kendaraan.

Mengenal Sistem Suspensi Tipe Trunnion Pada Truck Tronton

Sistem suspensi trunnion shaft digunakan pada kendaraan dengan single rear drive axle dan kendaraan dengan tandem rear drive axle. Pada kendaraan yang menggunakan tandem rear drive axle, titik tengah trunnion shaft terletak di tengah dua drive axle sehingga distribusi bebannya sama (1:1) antara front rear axle dan rear rear axle. 

Mengenal Sistem Suspensi Tipe Trunnion Pada Truck Tronton

Pada kendaraan single rear drive axle, titik tengah trunnion shaft di-offset kedepan untuk menaikkan pembebanan pada driving axle (front rear axle) untuk mencegah slipnya roda penggerak. Perbedaan posisi trunnion shaftnya adalah sebagai berikut: 

Mengenal Sistem Suspensi Tipe Trunnion Pada Truck Tronton
Nah iulah sedikit pembahasan mengenai sitem suspensi tipe trunnion pada truck tronton, namun tak banyak yang bisa disampaikan terkait suspensi ipe trunnion ini. Yang jelas dengan menggunakan suspensi belakang model trunnion ganda, sangat efektif saat kendaraan dikemudikan pada tanah yang tidak rata atau dalam kondisi muatan berat. Suspensi ini terhitung lembut dan kuat dan sangat sesuai untuk membawa barang yang mudah rusak.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mengenal Sistem Suspensi Tipe Trunnion Pada Truck Tronton. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers