Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

14 December 2016

Ini Dia YouTuber Terkaya di Dunia 2016 Versi Majalah Forbes

Di penghujung tahun 2016, sebagai seorang YouTuber meski hasil yang saya peroleh dari monetisasi video YouTube tentu saya selalu update para jutawan dari YouTube. YouTuber bisa mendapat uang berlimpah dari iklan yang ditayangkan melalui video, produk yang disponsori, dan sumber-sumber lain. Semakin banyak jumlah tayangan dan subscriber, semakin besar pula potensi penghasilannya.


Para YouTuber terkaya bisa memiliki penghasilan hingga belasan juta dollar AS atau ratusan miliar rupiah setiap tahun. Biasanya mereka memiliki subscriber yang jumlahnya mencapai jutaan pula. Forbes mencatat, tahun 2016 ini para YouTubers terkaya memperoleh penghasilan lebih besar dibanding 2015 lalu.

8 kanal yang mencatat penghasilan tertinggi mencatat pemasukan gabungan sebesar 70,5 juta dollar AS (sekitar Rp 932 miliar) dalam periode 12 bulan yang berakhir pada Juni 2016. Siapa saja YouTubers terkaya sepanjang 2016 itu? Berikut daftarnya, disusun secara berurutan hingga yang terbesar.

1. Colleen Ballinger (penghasilan Rp 66 miliar)

Ballinger menciptakan karakternya yang bernama "Miranda Sings" pada 2008. Semenjak itu, Miranda telah tampil di sejumlah acara terkenal sepertiTonight Show Jimmy Fallon.

Buku yang ditulis Ballinger, Selp-Helf, tercatat menjadi bestseller New York Times selepas dirilis pada Juli 2015. Di YouTube, jumlah subscriber kanalnya sekitar 7,3 juta.

2. Rhett & Link (penghasilan Rp 66 miliar)

Duo komedian Rhett & Link turut masuk dalam daftar YouTuber terkaya dengan penghasilan mencapai Rp 66 miliar, sebanding dengan Colleen Ballinger.

Kedua pria bernama lengkap Rhett James McLaughlin dan Charles Lincoln Neal III ini menyebut diri sebagai "intertainers", gabungan dua kata internet dan entertainment.

Rhett & Link mengelola sejumlah kanal YouTube berbeda, termasuk Rhett & Link yang memiliki 4,2 juta subscriber, Good Mythical Morning, dan Extras.

3. German Garmendia (penghasilan Rp 73 miliar)

Warga Chile bernama German Alejandro Garmendia Aranis ini menjadi salah satu YouTuber termuda dengan pundi-pundi raksasa. Umurnya baru 26 tahun.

Garmendia berada di balik kanal HolaSoyGerman dan JuegaGerman, masing-masing dengan jumlah subscriber mencapai kisaran 30,3 juta dan 16,1 juta.

Dia adalah YouTuber pertama yang memperoleh dua Diamond Play Button karena melewati jumlah subsriber 10 juta di kedua kanal miliknya.

4. Markiplier (penghasilan Rp 73 miliar)

Dalam waktu tak sampai dua tahun. Gamer Markiplier yang bernama asli Mark Fischbach berhasil mengumpulkan 15,7 juta subscriber.

Sejak pertama bergabung ke YouTube tahun 2012 lalu, Fischbach telah berkolaborasi dengan sejumlah selebriti dan YouTuber lain, termasuk Jack Black, Jimmy Kimmel, dan PewDiePie.

5. Tyler Oakley (penghasilan Rp 79,9 miliar)

Pria kelahiran tahun 1989 ini pertama kali mengunggah video YouTube pada 2007. Hingga kini, dia telah mengunggah sekitar 400-an video dan mengumpulkan lebih dari 8 juta subscriber.

Oakley pernah mewawancarai First Lady AS, Michelle Obama dalam sebuah video interview, dan boyband One Direction sembari berkeliling dunia dalam live tour.

6. Rosanna Pansino (penghasilan Rp 79,9 miliar)

Pansino mengelola acara memasak bernama Nerdy Nummies yang memiliki sekitar 7,4 juta subcriber dan rata-rata view bulanan sebsar 75 juta di YouTube

Nerdy Nummies menyajikan proses pembuatan kue dengan aneka macam bentuk yang terinspirasi dari temageek, semacam cake Death Star.

Acara memasak Pansino kerap ikut diramaikan oleh bintang YouTube lain seperti Lily Singh dan Rhett & Link. Dia juga berperan sebagai tokoh Violet di serial Broken Quest.

7. Smosh (penghasilan Rp 93 miliar)

Duo Smosh yang beranggotakan Anthony Padulla dan Ian Hecox bisa dibilang sebagai salah satu pelopor YouTube. Mereka memulai kanal komedi Smosh pada 2005.

Smosh kini telah mengumpulkan lebih dari 22 juta subscriber dan total view sebanyak 6 miliar di YouTube.

8. Felix Kjellberg (penghasilan Rp 199 miliar)

Felix Kjellberg mempertahankan posisinya sebagai YouTuber terkaya dengan penghasilan mencapai 15 juta dollar AS, lebih besar dari tahun lalu sebesar 12 juta dollar AS (sekitar Rp 159 miliar). Jumlah subscriber di kanalnya hampir mencapai angka 50 juta.

Kjellberg yang dikenal dengan nama alias PewDiePie adalah gamer asal Swedia yang dikenal dengan sumpah serapahnya dalam video playthroughgame.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Ini Dia YouTuber Terkaya di Dunia 2016 Versi Majalah Forbes. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers