Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 December 2016

Cek Slow-Blow Fuse Jika Relay Dan Sekring Baik Namun Lampu Kota Truck Isuzu Giga Mati

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi lampu kota truck Isuzu Giga mati total padahal kondisi sekring bagus atau tidak putus dan begitu juga dengan relaynya. Bagaimana solusi mengatasi lampu kota truck Isuzu Giga mati total? Cek Slow-Blow Fuse Jika Relay Dan Sekring Baik Namun Lampu Kota Truck Isuzu Giga Mati. Hal ini pernah saya alami dua kali pada truck Isuzu Giga FVM 34W. Hal ini sering terjadi apabila instalasi kelistrikan lampu bak menyambung langsung dengan jalur lampu kota standar mobil. Saat terjadi korsleting, sering terjadi lampu menjadi mati total, padahal saat di cek sekring dalam kondisi baik. Sebagian mekanik mengatakan, 'mencari kerusakan kelistrikan mobil ibarat mencari jarum dalam jerami  dan lebih sulit dibanding dengan masalah mengatasi mesin mobil.' Kita harus mencari satu bagian yang rusak bisa jadi harus mengurut satu-persatu setiap komponen mobil, dimulai dari aki, jalur hingga menjurus pada bagian yang mati.


Kerusakan kelistrikan mobil pada umumnya akan berdampak besar pada mobil-mobil keluaran terbaru yang serba digital seperti truck Isuzu Giga yang telah menganut system Common Rail Engine. Apabila mengalami hal demikian, maka inilah hal yang wajib anda ketahui:

  1. PERTAMA anda harus punya cadangan sekring mulai dari 10 amper, 15 amper dan 20 amper (umum).
  2. KEDUA anda harus cek pusat sekring dibawah dashboard.
  3. KETIGA perhatikan dengan betul dan teliti, cari sekring mana yang putus 
  4. KEEMPAT periksa juga relay

Sekring dan relay adalah hal utama yang wajib untuk dicek perama kali untuk masalah kelistrikan. Bila sampai disini ternyata sekring dan relay dalam kondisi baik maka mulai melakukan pengecekan pada jalur kabel dan harus mengurut dengan teliti.

Karena ini adalah masalah kelistrikan, maka anda juga perlu untuk memeriksa kondisi kabel dalam mobil anda. Ini untuk mengetahui kabel yang terlepas, atau mungkin bergeser, terlilit atau erbakar. Bila kerusakan terjadi, untuk mengatasinya, upayakan untuk tidak menyambung kabel, karena itu dapat membahayakan atau membuat kabel lebih cepat untuk rusak lagi. Jadi sebaiknya anda menganti semua kabel sekaligus. Bila kabel putus dipaksakan disambung dengan kabel baru, ini dapat menyebabkan kebocoran listrik, bahkan hingga korsleting. Tapi bila benar-benar terpaksa untuk menyambungnya, anda harus memastikan bahwa anda telah menyambungnya dengan baik dan benar. Anda bisa menggunakan part sambungan ataupun menyolder kabel dan jangan lupa untuk menutupnya dengan isolasi yang kuat sehingga bisa menutup sambungan dengan baik.

Cek Slow-Blow Fuse

Apabila telah mengecek sekring, relay dan kabel dan ternyata dalam kondisi baik, maka kita harus melanjutkan pengecekan pada Slow-Blow Fuse. Hal ini wajib kita lakukan ketika lampu besar, lampu kota ataupunperangkat kelistrikan lain dalam sistem idak bekerja, tetapi tidak ada masalah dengan sekring dan jalur instalasi. Lalu dimana letak Slow-Blow Fuse truck Isuzu Giga? Slow-Blow Fuse Isuzu Giga terletak di bawah kabin bagian kiri diantara kabin dan bak truck.


Fungsi Slow-Blow Fuse ini adalah ketika ada kelebihan beban listrik pada sirkuit maupun pada baterai, maka Slow-Blow Fuse akan mencair sebelum wiring harness rusak sehingga kendaraan akan aman dan terhindar dari kerusakan lebih parah. Lalu bagaimana wujud Slow-Blow Fuse? Foto dibawah ini contoh Slow-Blow Fuse milik truck Isuzu Giga.



Jika Lampu mati total tetapi tidak ada masalah dengan sekring dan kabel bisa dipastikan Slow-Blow Fuse putus. Ganti Slow-Blow Fuse bila putus, Slow-Blow Fuse inilah yang melindungi sirkuit listrik kendaraan. Usahakan menggunakan Slow-Blow Fuse asli Isuzu ketika mengganti Slow-Blow Fuse. Apabila Slow-Blow Fuse baru tersebut putus lagi maka segera hubungi dealer Isuzu terdekat.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cek Slow-Blow Fuse Jika Relay Dan Sekring Baik Namun Lampu Kota Truck Isuzu Giga Mati. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers