Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

27 December 2016

5 Penyebab Utama Ban Truck Pecah

Ban truck merupakan komponen vital yang paling sering mengalami kerusakan hingga pecah ban. Saat truck melaju di jalan raya, ban pecah bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Maka itu, untuk meminimalisir terjadinya pecah ban, selain dianjurkan untuk melakukan perawatan ban secara berkala, mengenal lika-liku ban serta penyebab kerusakannya pun sangat penting. Berikut lima penyebab utama pecahnya ban truck:


1. Kombinasi velg dan ban yang tak proporsional

Fakta membuktikan, ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg (ukuran velg lebih besar atau lebih kecil) dan dipaksakan menyebabkan beban yang disangga dinding ban terlalu berat.

Akibatnya, ban seolah ditarik sehingga mudah retak, pecah, atau benjol. Beberapa efek samping tersebut sangat rentan menjadikan ban pecah di tengah perjalanan.

2. Beban muatan terlalu berat

Semakin banyak dan semakin berat beban yang diangkut truck, maka semakin besar juga tekanan yang dibebankan kepada ban. Tekanan ini akan terus memaksa ban untuk bekerja keras melampaui batas ketahanannya, hingga tiba saat ban tersebut tak lagi mampu menahan tekanan dan pecah seketika.

3. Jarang bersihkan sela-sela ukiran ban

Rekomendasi untuk membersihkan ukiran ban terdengar seperti main-main dan sepele. Padahal, ban yang tidak bersih, yaitu di sela-sel ukirannya banyak menancap kerikil kecil tajam, sangat berpotensi mengundang bahaya.

Sebab, batu kerikil nan tajam itu sangat mungkin menusuk ban dan menimbulkan luka di permukaan ban. Padahal, di dalam dinding ban banyak sekali rajutan kawat yang berfungsi sebagai pelindung dan pembentuk konstruksi ban.


Pada saat hujan dan saat mobil melibas genangan air di jalanan, air akan masuk ke celah luka dan bersemayam di situ, sekaligus membasahi rajutan kawat ban. Rajutan kawat yang basah, rawan berkarat dan getas. Bila itu terjadi dan truck melesat di jalanan, ban berpotensi terkoyak atau robek. Saat itulah ban berpotensi untuk pecah.

4. Ban kedaluarsa

Jangan tergiur harga murah yang ditawarkan oleh pedagang ban, bahkan ban bermerek sekali pun. Bukan berarti harus curiga atau berasumsi ban tersebut berkualitas jelek, namun ada baiknya mencermati.

Sebelum membelinya, pastikan ban tersebut tidak kedaluarsa. Caranya, kita wajib membaca kode tahun pembuatan ban. Sebab, ban yang telah lama disimpan, meski belum pernah dipakai, dengan suhu yang tidak menentu akan menyebabkannya kering dan getas. Dinding karet getas dan rajutan kawat pun demikian. Ban seperti itu sangat rentan pecah bila digunakan.

5. Ban sering hantam jalan buruk

Hentakan demi hentakan keras saat truck melibas lubang, tidak hanya merusak sistem suspensi, tetapi kondisi ban pun juga akan cepat rusak. Benturan keras antara ban dengan dinding lubang jalanan akan menyebabkan rajutan kawat baja di dalam dinding ban rusak atau putus. Bila hal itu terjadi dan truck melesat di jalanan maka ban berpotensi pecah.

Sebab, kawat yang berguna untuk melindungi dinding dan tapak ban tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, saat terjadi gesekan karet ban dengan permukaan jalan ban akan mudah terkoyak. Terlebih bila tekanan angin ban kurang.

Nah, itulah 5 Penyebab Utama Ban Truck Pecah berdasarkan pengalaman saya. Semoga artikel ini mengenai 5 Penyebab Utama Ban Truck Pecah bermanfaat dan bisa menambah wawasan pembaca blog ini.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai 5 Penyebab Utama Ban Truck Pecah. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers