Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

19 December 2016

Cara Mudah Menyemai Bibit Pohon Buah Ala Thailand

Pertanian negeri Thailand sangatlah maju, maka saya sering membuka web web pertanian dan perkebunan Thailand untuk menambah wawasan. Nah kali ini saya akan bagi Cara Mudah Menyemai Bibit Pohon Buah Ala Thailand yang tentunya saya kutip dari web pertanian dan perkebunan dari negeri gajah putih. Seperti kita ketahui kebanyakan buah-buah ini dapat ditanam melalui biji atau secara vegetatif.


Tapi tahukah Anda reproduksi melalui biji tidak dianjurkan karena menimbulkan masalah keaslian atau buah akan berubah dari indukan. Biasanya Metode tut dan mencangkok lebih diutamakan karena tumbuh besarnya cepat.

Namun kali ini saya akan membagikan kepada Anda satu cara lain untuk menanam buah jambu ini yang mudah dan efektif dan menghasilkan bibit lebih baik.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:

1. Gunting dan pisau yang tajam
2. Span dipotong berbentuk dadu
3. Tray pembibitan (Bisa dibeli atau dibuat sendiri)
4. Pupuk hidroponik jenis bubuk dan cairan
5. Campuran sekam bakar dan pupuk cocopeat (Sabut kelapa yang sudah dihancurkan) dengan rasio 2:1

Berikut adalah langkah-langkah untuk proses pembibitan.

1. Gunakan gunting untuk mengambil pucuk pohon dan potongan seperti dibawah.Jika tunas tersebut diambil dari tempat yang jauh pastikan selalu lembab dan tidak kering.


2. Isi air sebanyak 4 liter ke dalam wadah dan masukkan pupuk hidroponik jenis cairan sebanyak 40cc / 4 liter air.

3. Kemudian rendam tunas tersebut di dalam air.


4. Setelah itu celupkan ujung pangkal pucuk tadi ke dalam pupuk hidroponik jenis bubuk dan cucukkan ke spons.


5. Letak pucuk bayi tadi ke dalam wadah semaiaan dengan air dan rendaman pucuk tadi dituangkan ke dalam lubang tray untuk diresap oleh spons. Biarkan sampai tumbuh akar.

6. Biarkan selama beberapa hari sampai akar tumbuh seperti dibawah.


7. Bila akar sudah tumbuh, Anda sudah dapat tanggalkan span tadi, pindahkan benih tersebut ke dalam pot kecil yang berisi campuran sekam dan cocopeat. Biarkan selama seminggu. Siram dua kali sehari.

8. Setelah seminggu Anda sudah bisa pindahkan anak pohon tadi ke dalam pot lebih besar atau polybag.

Tips: Tanah yang terbaik adalah tanah lembab yang diambil dari kedalaman 1 meter.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Mudah Menyemai Bibit Pohon Buah Ala Thailand. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers