Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

17 June 2016

Pabrik Gula Prembun Suiker Fabriek Remboen Dalam Bingkai Sejarah

Ketika saya lagi asyik membuka web tropenmuseum.nl tiba-tiba saya melihat sebuah foto hitam putih bangunan Pabrik Gula Prembun yang bernama Suiker Fabriek Remboen atau S.F Remboen. Di dinding muka bagian atas bangunan terdapat angka tahun 1926 yang mungkin menunjukan tahun bangunan itu berdiri. Belum diketahui dengan pasti kapan pabrik ini mulai berdiri dan ditutup. Sayang saat ini bangunan pabrik gula prembun sudah tidak ada lagi.


Lokasi pabrik gula Prembun S.F Remboen bisa dilihat pada peta tahun 1926 dari maps.library.leiden.edu bangunan ini dahulu berdiri persis di pinggir jalan raya yang menghubungkan Purworejo dengan Kebumen.


Sayang data sejarah Prembun di masa lalu masih sangat minim. Satu-satunya data sejarah yang dapat ditelusuri adalah arsip foto-foto lama Prembun di masa lalu. Dari foto tersebut kita mengetahui dahulu di Prembun pernah berdiri sebuah pabrik gula yang cukup besar.


Bangunan pabrik gula Prembun memang sudah tidak ada lagi, namun bukti-bukti kejayaan pabrik gula Prembun di masa lalu masih dapat kita saksikan hingga sekarang seperti keberadaan beberapa bekas rumah dinas karyawan pabrik gula Prembun. Salah satunya adalah bangunan bekas tempat tinggal rumah administrateur yang saat ini menjadi kantor Polsek Prembun. Polsek Prembun adalah bangunan kolonial yang paling megah. Karena dahulu bangunan Polsek Prembun merupakan bekas tempat tinggal administrateur atau kepala pabrik gula.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Pabrik Gula Prembun Suiker Fabriek Remboen Dalam Bingkai Sejarah. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

cerita dr mbah kung, SMPN 1 Prembun itu dulunya bekas pabrik gula. letaknya sebelah barat dg polsek. kebetulan rmh beliau ga jauh dr stasiun prembun :)
makasih fotonya. ijin simpan y

Masa kecil habis di prembun, bahkan saya bertempat tinggal di depan polsek prembun, skrng udh di jual.
Polsek disini dulunya digunakan sbg ktr dan ruangan sbg asrama buat anggota polri
Konon kata orng tua bekas rmh sakit milik pabrik gula.
Tanah lokasi pabrik membentang dr rumah pak kamami sebelah indomaret yng dekat apotik selokan irigasi sd polsek.
Rumah dinasnya dr sebelah kiri toko chandra sd pasar bengkoang.

Sebagai tambahan saya berasal dari desa Kedungwaru Prembun Kebumen.setelah mencari sesuap nasi diberbagai daerah diIndonesia sekarang terdampar di Jl Banjarsari 2 A Tembalang Semarang

Terima Kasih

Followers