Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

08 June 2016

Foto Presiden Soekarno Ketika Sholat Di Amerika Tahun 1956

Iseng-iseng menjelajahi forum EO Community (http://www.eocommunity.com) tiba-tiba melihat sebuah foto dokumen sejarah yang begitu istimewa yakni foto presiden Soekarno sedang sholat di Amerika pada tahun 1956. Foto-foto Presiden Soekarno tersebut diambil saat kunjungan Presiden Sukarno ke Amerika Serikat tahun 1956. Ketika tiba saatnya shalat, Bung Karno dan rombongan menuju salah satu masjid di sana untuk sholat.


Dalam foto diatas nampak Bung Karno, dengan tongkat komandonya berjalan kaki melintasi koridor masjid. Para pengawal menjaga sang presiden, lantas mengiringkannya masuk ke dalam masjid untuk sholat.

Usai shalat berjamaah, Bung Karno berdoa sejenak. Sejurus kemudian, Bung Karno bangkit berdiri lagi untuk kembali melaksanakan shalat sunah dua raka’at. Anggota rombongan lain, ada yang mengikuti Bung Karno shalat sunah, ada yang berdzikir, ada pula yang mundur dan menunggu di luar masjid.


Usai shalat, tak pernah lupa Bung Karno khusuk berdoa. Tampak di sebelah kiri Bung Karno adalah Roeslan Abdulgani. diplomat muda, pahlawan pada pertempuran heroik 10 November 1945 di Surabaya. Ia kemudian diangkat menjadi Menteri Luar Negeri, dan termasuk tokoh di balik Konferensi Asia Afrika Bandung yang bersejarah itu. Roeslan Abdulgani wafat 29 Juni 2005 dalam usia 91 tahun.

Seperti umumnya jemaah masjid, begitu pula Bung Karno. di dalam masjid, tidak ada presiden, tidak ada menlu, tidak ada pejabat. Yang ada hanya imam dan makmum. Begitu pula usai shalat, Bung Karno dengan santai duduk di tangga masjid untuk mengenakan sepatu, seperti halnya jemaah yang lain.


Usai shalat, Bung Karno kembali melanjutkan protokol kunjungan kenegaraannya. Antara lain menggelar pembicaraan bilateral dengan Presiden Dwight Eisenhower yang dikisahkan "kurang mesra".

Selain mempunyai jiwa kepahlawanan yang besar beliau juga terkenal sebagai pemimpin yang teguh hati dan selalu mentaati semua perintah agama yang dianutnya. Salut banget saya sama presiden kita yang pertama ini.

Sungguh sosok pemimpin yang patut dicontoh. Harusnya seperti itulah pemimpin kita sekarang...
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Foto Presiden Soekarno Ketika Sholat Di Amerika Tahun 1956. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers