Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

06 June 2016

Fungsi Plastik Lantai Dasar Pengecoran Beton Jalan

Setiap melewati proyek pengecoran jalan, aku selalu bertanya-tanya kenapa kok setiap pengecoran selalu dilandasi plastik sebagai lantai dasarnya. Suatu ketika, saat sedang antri jalan pada proyek pengecoran dapat kesempatan bertanya fungsi plastik saat pengecoran kepada pekerja proyek. Beruntung yang aku tanya adalah pengawas proyek pengecoran jalan. Menurut penjelasan sang pengawas proyek, plastik dapat digunakan sebagai lantai kerja cor beton yang berhubungan dengan tanah. Adapun fungsinya yaitu untuk menahan agar air semen tidak merembes kedalam tanah. Pemakaian plastik tergolong sebagai inovasi baru menggantikan material lantai kerja sebelumnya berupa screed atau cor beton berkualitas rendah. Tentunya akan ada keuntungan serta kerugian yang didapat jika menggunakan plastik, untuk itu perlu diperhatikan agar lebih banyak untungnya serta sesuai dengan kondisi proyek masih-masing.


Lantai Kerja Plastik Pengecoran Jalan

Terlihat pada foto diatas naampak hamparan plastik yang digunakan sebagai lantai kerja. Meskipun pemasangan plastik sudah bagus, namun jika dilihat dari sisi lain nampak ada yang kurang sempurna, yaitu posisi besi wiremesh yang langsung menyentuh plastik dibawahnya sehingga rawan terjadi korosi atau karat, sebaiknya dibawah besi wiremesh dipasang tahu beton. Dan jika dilihat dari segi safety nampaknya pekerja hanya memakai alas kaki berupa sandal jepit sehingga kurang aman dari bahaya tertancap besi atau paku, sebaiknya pekerja memakai sepatu safety. Menurut situs www.ilmusipil.com berikut untung rugi penggunaan plastik sebagai lantai dasar pengecoran jalan.

Keuntungan menggunakan plastik sebagai lantai kerja cor beton

1. Biaya lebih murah dibanding lantai kerja menggunakan screed atau cor beton berkualitas rendah.
2. Waktu pemasanganya lebih cepat karena tinggal menghamparkanya saja ke lantai.
3. Pengadaan material plastik tergolong mudah didapat serta simple dalam penyimpanan.

Kerugian menggunakan lantai kerja plastik
1. Plastik rawan sobek saat proses pelaksanaan pekerjaan, entah kena besi, material beton atau aktifitas pekerja. Sobeknya plastik dapat membuat kegagalan fungsinya sebagai lantai kerja yang menahan agar air semen tidak merembes ke tanah.
2. Elevasi bagian bawah beton memerlukan perhatian ekstra agar tetap dalam posisi datar dan tidak terjadi penurunan. Ketidakrataan elevasi bagian bawah berarti akan timbul biaya ekstra sebagai akibat adanya tambahan volume beton.
3. Umur plastik tidak tahan lama akan menyebabkan bagian bawah beton tidak terdapat lapisan pelindung dikemudian hari.

Selain plastik juga ada jenis bahan bangunan lain yang bisa digunakan sebagai lantai kerja seperti triplek, karpet, serta bahan-bahan jenis baru hasil olah pikir serta inovasi para civil engineer, tukang bangunan, atau siapa saja.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Fungsi Plastik Lantai Dasar Pengecoran Beton Jalan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

thanks gan,inspiratif dan edukatif.
ditunggu artikel berikutnya gan...
harga beton cor depok

Terima Kasih

Followers